Lifestyle

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Saatnya buka semangat baru. Salah satu aktivitas dunia internet adalah menulis sesuatu di blog. Tahukah kamu jika dari blog kita bisa mendapatkan uang. Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog? Artikel ini akan memberikan informasinya untuk kamu.

Aktivitas Blog

Kalau kamu suka menulis, ada baiknya untuk membuat satu blog dan mengisinya dengan berbagai tulisan yang kamu inginkan. Sayang banget jika tulisan yang telah kamu buat berakhir dengan hilang sia-sia.

Manfaat menulis di blog adalah kita bisa mempublikasikan karya tulisan kita dan orang lain bisa membacanya. Siapa tahu tulisan tersebut bermanfaat bagi pembaca blog kita.

Saat ini kita bisa menjumpai berbagai konten pada suatu blog. Ada yang dikelola oleh personal bahkan ada juga yang sampai serius dikelola oleh perusahaan.

Platform untuk menulis blogpun berbagai macam. Kita bisa menulis blog dengan WordPress, Blogspot ataupun Kompasiana. Masih banyak platform blog lainnya. Tentunya pilihan platform akan tergantung dari pilihan dan kenyamanan kamu dalam menggunakannya.

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Selain sebagai tempat menyalurkan hobi dan menyimpan karya tulisan, ternyata blog juga bisa menghasilkan uang. sebagai platform yang berjalan di atas internet, seperti aktivitas lainnya yang ada di internet, blog juga bisa menghasilkan atau yang sering disebut juga hasil uang internet.

Adapun beberapa cara blog untuk menghasilkan uang antara lain:

  1. Memasang Iklan Berbayar
    Beberapa blog menyediakan ruang khusus di halaman blog mereka untuk tempat iklan. Seperti halnya media papan iklan yang sering kita lihat di jalan, tempat iklan di blog mempunyai fungsi serupa. Harga pemasangan iklan biasanya akan tergantung dari segmen dam jumlah pengunjung blog.

  2. Google Adsense
    Salah satu iklan yang saat ini paling banyak dimanfaatkan oleh blog adalah Google Adsense. Google Adsense adalah sebuah platform iklan dari Google yang mempunyai keunggulan bisa menampilkan iklan yang konteksnya sesuai dengan halaman blog yang ditempati oleh Google Adsense. Cara mendapatkannya cukup mudah, kamu tinggal mendaftar ke Google untuk mendapatkan kode adsense yang bisa dipasang diblog kamu. Sesudah itu kamu bisa mendapatkan pembayaran jika iklan yang dipasang di blog kamu diklik oleh pengunjung.

  3. Sponsored Post
    cara lain agar blog kamu dapat menghasilkan uang adalah dengan menerima sponsored post. Sponsosred post adalah sebuah postingan artikel yang dititipkan di blog kamu dengan harapan pengunjung blog kamu akan membaca pesan di dalam blog kamu ataupun juga berkunjung ke halaman website dari pengelola web yang menitipkan sponsored post.

Beberapa Tips Agar Blog Kamu Dilirik

Agar blog kamu dapat menghasilkan uang, maka kamu harus membuat blog kamu dilirik atau dinilai layak untuk menjalankan ketiga cara yang kita sebutkan sebelumnya.

Setidaknya ada 5 tips yang bisa kamu lakukan agar blog kamu menjadi layak untuk menghasilkan uang, antara lain:

  1. Memakai TLD
    TLD adalah singkatan dari Top-Level-Domain. Artinya, sebaiknya menggunakan domain yang berbayar seperti .com, .id, dan sebagainya. Keuntungannya, selain lebih bonafid dan terpercaya, kamu juga bisa memakai nama domain tersebut untuk mewakili konten yang kamu tuliskan di blog kamu.

  2. Mengisi Konten Berkualitas
    Agar blog kamu menjadi menarik dan dapat menghasilkan uang, pastikan untuk mengisi blog kamu dengan konten yang berkualitas. Biarkan setiap pengunjung untuk selalu mendapatkan manfaat dari konten yang kamu bagikan di blog kamu.

  3. Rajin Membagikan Link
    Agar blog kamu dapat eksis, usahakan bagikan link dari setiap posting artikel yang kamu buat di blog. Kamu bisa bagikan di media sosial milikmu ataupun di berbagai forum yang kamu ikuti.

  4. Mendapatkan Pengunjung
    salah satu daya tarik dari sebuah blog adalah adanya jumlah pengunjung yang signifikan. Jumlah pengunjung akan menandakan bahwa konten dalam blogmu tersebut menarik bagi pengunjung.

  5. Mendapatkan Backlink Sebanyak Mungkin
    Backlink dalam blog sama halnya dengan referensi. Jika semakin banyak backlink dari web lain ke blog kamu, artinya blog kamu dianggap memiliki konten yang berkualitas.

Selain dari 5 tips tersebut, pelajari aspek-aspek lain dalam pengelolaan blog, seperti penulisan konten yang menganut SEO serta mengikuti panduan dari penilaian umum sebuah blog misal Domain Authority (DA), Page Authority (PA) dari MOZ ataupun Domain rating (DR) dari AHref.

Selain itu kamu juga harus pastikan pengunjung blog kamu juga bisa meningkat. Kamu bisa mengeceknya melalui Google analytics ataupun memantau dari tools penilaian website seperti Alexa Rank.

Itu tadi beberapa informasi mengenai cara menghasilkan uang dari blog. Semoga informasi ini berguna untuk kamu.

24 Comments
Exit mobile version