Lifestyle

Pengertian Filantropi dan Prakteknya Pada Kehidupan Sehari-hari

Filantropi merupakan perilaku seseorang yang memiliki rasa kasih sayang kepada sesama manusia yang diwujudkan dengan memberikan sebagian materi, waktu, tenaga serta pikiran secara sukarela. Perilaku ini secara luas sudah menjadi karakteristik bangsa Indonesia sehingga banyak terwujud dalam berbagai kegiatan kemanusiaan baik yang dilakukan secara spontan maupun melalui lembaga sosial kemasyarakatan.

Dalam kehidupan sehari-hari, perilaku mencintai sesama dituangkan dalam kegiatan berdonasi jika ada tetangga yang membutuhkan ataupun berdonasi untuk bantuan kemanusiaan jika terjadi bencana alam. Selain donasi materi, kegiatan kemanusiaan juga bisa dilakukan dengan memberikan tenaga secara sukarela misalnya dalam kegiatan bedah bumi ketika ada kematian dan perbaikan rumah tetangga yang membutuhkan. Selain kegiatan kemanusiaan spontan, Anda juga bisa menyalurkan rasa kemanusiaan dengan lebih terencana mengingat masih banyak saudara yang membutuhkan dan mungkin tidak berada dekat dengan Anda saat ini. Caranya adalah dengan ikut menjadi anggota lembaga kemanusiaan tertentu yang memiliki program aktif untuk kemanusiaan.

Lembaga filantropi adalah pilihan yang tepat ketika Anda ingin menyalurkan rasa kasih sayang pada sesama manusia yang membutuhkan. Ada banyak lembaga kemanusiaan yang memiliki wadah bagi para filantropis di Indonesia salah satunya adalah Wahana Visi Indonesia yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat khususnya wanita dan anak-anak. Melalui WVI Anda bisa menyalurkan materi, waktu dan pikiran secara langsung maupun tidak langsung. Ada banyak pilihan program yang bisa Anda ikuti sesuai dengan pilihan Anda salah satunya adalah program donasi untuk pendidikan anak-anak di pelosok nusantara dengan nama Chosen.

Chosen merupakan salah satu program WVI yang menjembatani Anda sebagai pemberi donasi dengan anak yang membutuhkan dimana anak akan memilih sendiri siapa yang akan menjadi donatur. Donatur yang terpilih akan memberikan donasi dengan jumlah tertentu setiap bulannya dan mendapatkan laporan penggunaan dana. Berikut ini adalah tata cara untuk mendaftarkan diri Anda untuk bergabung dalam program Chosen di WVI:

  1. Mendaftarkan diri di website resmi Chosen Wahana Visi Indonesia dengan menggunakan foto diri.
  2. Seorang anak akan memilih Anda melalui foto yang Anda kirimkan.
  3. Mulai berdonasi setiap bulannya dari Rp. 200 ribu rupiah.

Yuk bersama Wahana Visi Indonesia, wujudkan rasa kasih sayang terhadap sesama.

Exit mobile version