Lifestyle

Cara Menghemat Energi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pernahkah kamu membayangkan apa yang terjadi pada dunia ini tanpa listrik? Kegelapan abadi tentunya. Tahukah kamu bahwa ada kemungkinan suatu saat dunia ini akan benar-benar akan gelap karena habisnya pasokan listrik di dunia. Dengan menghemat listrik maka kita akan membantu bumi kita hidup lebih lama. Lho, apa hubungannya? mengapa kita harus menghemat listrik? Apa hubungannya dengan dunia ini?

Dengan menghemat listrik maka kita akan menjaga lapisan atmosfer dari adanya kebocoran yang tentunya sangat berbahaya bagi bumi. Hal ini dikarenakan energi listrik diproduksi menggunakan pembakaran batu bara yang mengandung CO2 murni dan berbahaya bagi atmosfer kita jika jumlahnya berlebihan. Jadi mengapa kita harus menghemat listrik? Ya karena dengan menghemat listrik maka kita akan membantu bumi kita tetap terjaga.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghemat listrik. Kali ini saya akan mengenalkan beberapa cara menghemat energi dalam kehidupan sehari hari yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik baik dirumah maupun di kantor.

  1. Matikan Lampu Saat Sang Surya Sudah Muncul
    Salah satu hal yang rutin saya lakukan setiap kali keluar kamar setelah semalaman tidur adalah membuka tirai dan jendela selebar mungkin dan mematikan lampu di seluruh rumah. Dengan membiarkan sinar matahari masuk dan menyinari ruangan di rumah kita maka kita tidak hanya menghemat listrik namun juga menjaga agar ruangan yang semalaman lembab karena ditutup untuk kembali mendapatkan kehangatan dari sinar matahari.

  2. Biasakan Mencabut Peralatan Elektronik Ketika Tidak Dipakai
    Salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan tanpa sadar dalam memboroskan listrik adalah dengan membiarkan peralatan elektronik dalam keadaan standby seperti TV, Soundar speaker, ataupun peralatan elektronik yang lain meskipun tidak terpakai. Ingatlah bahwa meskipun peralatan elektronik dirumahmu dalam keadaan standby bukan berarti tidak ada listrik yang mengalir disana. Oleh karena itu, cabut peralatan elektronikmu Ketika tidak digunakan agar sama sekali tidak ada listrik yang mengalir.

  3. Pilih Peralatan Elektronik Dengan Daya Kecil Sehingga Lebih Hemat Energi
    Berbagai kemajuan teknologi di dunia saat ini sebenarnya banyak membantu kita dalam menghemat energi. Salah teknologi itu adalah dengan ditemukannya berbagai peralatan elektronik yang memanfaatkan energi inverter sehingga suatu peralatan elektronik bisa menghasilkan daya besar dengan menggunakan energi listrik yang lebih kecil.

  4. Memakai Lampu LED
    Percaya atau tidak saya bisa menghemat tagihan listrik di rumah saya bahkan sampai lima puluh ribu rupiah perbulan hanya dengan mengganti semua lampu dirumah saya dengan lampu LED. Saat ini, sangat banyak bermunculan berbagai merk lampu LED di pasaran. Saya sendiri cenderung memilih merk lampu LED yang sudah terkenal dan terbukti lebih awet. Percayalah, saya sudah berkali-kali memakai berbagai jenis lampu LED dan memang terbukti lampu LED dengan merk yang terkenal (tentunya lampu yang asli, bukan lampu yang palsu dengan merk sama ya) terbukti lebih tahan lama digunakan dan terangnya lebih lama.

Dengan kemajuan jaman dan semakin modernnya cara berpikir manusia, kita diberi banyak kemudahan dan fasilitas yang bisa kita gunakan untuk menghemat listrik. Menghemat listrik akan membantu anak cucu kita dalam mengembangkan masa deoan mereka di bumi kelak. Dengan begitu, mari kita singkirkan ego kita dan berhenti bertanya mengapa kita harus menghemat listrik? Tentunya demi masa depan cucu cicit kita di masa depan.

Exit mobile version