Connect with us
Kuliner Pilihan Di Banyuwangi

5 Kuliner pilihan di Banyuwangi

Banyuwangi, Kota yang terletak di ujung paling timur pulau Jawa ini memang sangat eksotis dan menarik untuk dikunjungi, terutama bagi mereka yang menempuh perjalanan darat ke Bali, tak lengkap rasanya jika hanya melewati Banyuwangi tanpa mampir barang sehari atau dua hari untuk menikmati wisata di kota ini. Tidak terkecuali juga menikmati kuliner pilihan di Banyuwangi.

Banyuwangi adalah kota wisata yang terkenal dengan jajaran pantai dan gunungnya yang mempesona, salah satu daya tarik yang paling terkenal dari kota ini sampai kancah internasional adalah Kawah Ijen. Jadi tunggu apalagi, segera datang ke Banyuwangi sekalian menikmati nikmatnya kuliner di Banyuwangi.

Eh, ini ada info menarik lho. Mumpung ada promo Traveloka payday yang bisa kasih banyak diskon tuh untuk harga kamar hotel. Bisa banget untuk dipakai ke Banyuwangi deh.

Kebetulan, di hari minggu kemarin, saya dan keluarga berkesempatan berkunjung ke Banyuwangi, kunjungan kali itu, saya sengaja mencoba berbagai kuliner yang terkenal di Banyuwangi, Yuk kita simak kuliner apa saja yang menarik di Banyuwangi.

1. Rumah Makan Pecel Ayu

Rumah Makan Pecel Ayu

Rumah Makan Pecel Ayu menjadi pembuka kuliner kami di Banyuwangi. Letak rumah makan Pecel Ayu yang berada di pinggir jalan, tepatnya di Jl. Adi Sucipto no 76, Sobo Banyuwangi, membuat rumah makan ini mudah untuk dicari, bahkan oleh pelanggan yang baru pertama kali ke rumah makan ini dan hanya berbekal maps. Selama masa pandemi ini, protokol yang ditetapkan di rumah makan Pecel Ayu ini juga sangat bagus karena sudah ada wastafel yang terletak di depan rumah makan sehingga pelanggan dapat mencuci tangan dahulu sebelum memasuki area rumah makan. Untuk tempat duduk pun sudah diatur sedemikian rupa sehingga pelanggan dapat tetap menerapkan social distancing saat menikmati makanan di tempat.

Lalu bagaimana dengan menunya?. Nasi Pecel tentu saja merupakan menu utama dan favorit pelanggan di rumah makan ini, sajian sayur, tahu, tempe, Peyek, irisan daging ditambah bumbu pecel yang khas tentu mambuat siapapun tergoda untuk memesan menu yang satu ini, namun jika anda merasa ingin mencoba Rawonnya dan tak ingin melewatkan hidangan pecelnya, maka Rawon Pecel adalah paduan hidangan yang pas untuk anda.

Lalu bagaimana jika anda tak suka Pecel dan Rawon? Tenang, meskipun namanya Rumah makan Pecel Ayu, ada hidangan lain juga yang bisa anda nikmat seperti Soto ayam kampung dan Nasi campur yang rasanya tak kalah sedap dan nikmatnya. Untuk menemani makan anda, saya sarankan memesan Es Cendol yang menurut saya rasanya pas karena tidak terlalu manis dan cendolnya enak plus segar. Untuk harga memang tidak bisa dikatakan murah tapi juga tidak mahal, saya makan disini bersama keluarga (berenam) plus minum dan kerupuk palembang habis sekitar Rp. 147.000,-. Untuk Rawon pecel dan Es cendol yang saya nikmati di warung ini, saya akan memberi nilai 7,5 dari 10.

2. Warung Betutu Mbak Timah

Warung Betutu Mbak Timah

Warung Betutu Mbak Timah ini terletak di dalam kawasan perumahan di daerah Klatak Kalipuro yang dekat dengan jalur lingkar Ketapang. Saya mampir kesini karena kebetulan hotel yang saya inapi juga masih disekitar daerah ini. Untuk menemukannya, cukup menggunakan maps namun meskipun tempatnya agak masuk sedikit ke dalam gang namun diluar gang juga terdapat papan nama Warung, jadi memudahkan bagi pelanggan yang baru pertama kali berkunjung ke warung ini. Warung ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam.

Seperti namanya Warungnya, Ayam Betutu adalah hidangan yang dijual di warung ini. Ada dua pilihan Ayam Betutu yang disajikan, yaitu Ayam Betutu goreng dengan sambal ijo atau Ayam Betutu Kuah. Keduanya sama – sama lezat, saran saya sih, harus coba dua – duanya supaya tidak penasaran. Untuk harganya ada harga per ekor dan harga per porsi plus nasi. 1 ekor ayam dibandferol dengan harga Rp. 120.000,-, Sedangkan untuk per porsi ayam plus nasi dan minum, kita hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 45.000,-. Cukup worthed untuk menikmati kelezatan pedas dan nikmatnya Ayam Betutu. Untuk Rasa, saya akan memberi nilai 7,5 dari 10 untuk Ayam Betutu goreng dengan sambal ijo yang saya nikmati di Warung ini.

3. Rawon Bik Ati

Rawon Bik Ati
Rawon Bik Ati (sumber: travelingyuk.com)

Setelah mencoba Pecel dan Ayam Betutu, Hari esoknya saya meneruskan perburuan kuliner saya ke JL. A yani, Tukang kayu, Banyuwangi untuk menikmati hidangan Rawon yang terkenal di Banyuwangi, apalagi kalau bukan Rawon Bik Ati. Rumah makan ini selalu penih saat jam makan siang jadi hindari kesini saat makan siang ya, untungnya kami datang saat rumah makan masih sepi, oya, rumah makan ini buka mulai jam 8 pagi sampai jam 9 malam. Istimewanya Rawon di tempat ini dibanding Rawon yang lain adalah karena selain Rawon Empal, Tempat ini juga menyediakan Rawon Paru, Rawon Lidah, Rawon Limpa, Rawon Babat, Rawon Usus, bahkan Rawon Buntut dan jika kita ingin merasakan semuanya, kita tinggal pesan Rawon campur dengan 1 ataupun 1/2 porsi nasi. Jika ada anggota keluarga atau teman yang tak suka Rawon, masih banyak hidangan lain yang bisa dipilih seperti pecek lele, ayam goreng, ayam panggang, bahkan bakso. Saat Pandemi seperti ini, rumah makan ini juga menerapkan social distancing dengan cara membatasi jumlah pengunjung dan memberi tanda silang pada beberapa bangku agar jumlah pelanggan yang duduk dalam satu meja tidak terlalu banyak, alhasil saat itu, saya dan keluarga yang berjumlah 6 orang harus rela duduk terpisah dalam 3 meja yang berbeda tapi kalau untuk kesehatan gapapa kan. Untuk harga semangkok Rawon dengan 1 porsi nasi dihargai Rp. 30.000,- dan untuk Rawon dengan 1/2 porsi nasi dibanderol dengan harga Rp. 22.500,-. Termasuk mahal juga untuk harga di Bnyuwangi tapi tak ada salahnya untuk dicoba. Untuk rasa, saya akan memberi skor 7 dari 10 untuk Rawon campur yang saya cicipi di Warung ini.

4. Warung Biru

Ikan Bakar Warung Biru

Apakah anda penggemar hidangan seafood? Kalau anda menjawab iya, maka anda wajib mengunjungi Warung Biru yang terletak di sebelah Hotel Selamet, tepatnya Jl. Kapten Piere Tendean Banyuwangi. Letaknya di pinggir jalan jadi akan sangat mudah menemukan warung ini. Berbagai hidangan laut ada disini mulai dari ikan laut, Udang, cumi, bahkan gurita. Warung ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 11 malam. Meskipun tempatnya kecil tapi selama masa pandemi ini, Warung Biru ini sudah menerapkan protokol kesehatan lho, dengan cara memberi batas plastik antara pengunjung sehingga pengunjung yang duduk berhadapan tidak berinteraksi langsung tapi masih diberi batas sekat plastik.

Saya dan keluarga pergi ke Warung Biru saat malam hari dan saat itu meskipun ada pengunjung lain namun untungnya kami masih mendapat bangku untuk makan di tempat. Kami memesan Ikan Putihan, Ayam panggang, Udang goreng dan Gurita. Untuk makanan pendampingnya, kami memesan tahu walik yang kebetulan iklannya ada di spanduk yang dipasang di pintu masuk warung dengan tulisan “Tahu walik pertama di Banyuwangi”.

Untuk rasa, saya akan memberi nilai 8 dari 10, benar – benar lezat!!!!. Ikannya dibumbu dengan pas dan bumbunya merasuk, udang gorengnya pun besar dan dalam satu porsi yang disajikan, isinya banyak, guritanya digoreng dengan sempurna karena masih empuk saat digigit dan sama sekali tak ada rasa amis yang tercium, bahkan istri saya yang semula tak suka dan tak mau makan gurita, akhirnya mau mencoba dan terheran – heran dengan rasa guritanya yang sama sekali tidak amis dan malah lezat. Untuk tahu waliknya juga juara dan kami diberi bumbu tauco plus mangkok mininya sebagai tempat mencocol. Untuk harga, Hidangan laut di Warung Biru ini relatif lebih murah dari tempat makan lain karena itu jangan lupa mampir kesini ya saat ke Banyuwangi.

5. Jiwa Toast

jiwa toast
Roti Istimewa di Jiwa Toast (sumber:pergikuliner.com)

Akhirnya hari terakhir kami di Banyuwangi, kami akhiri dengan sarapan di Hotel. Saya berniat untuk check out hotel dan langsung pulang saat istri dan adik ipar mengusulkan untuk mencoba cemilan kekinian yang baru buka di Banyuwangi. Akhirnya mobil yang kami tumpangipun mlipir dulu ke Jiwa Toast yang terletak di Jl. Kepiting no 77 Tukang kayu, Banyuwangi. Letaknya di pinggir jalan jadi akan mudah ditemui, meskipun dari luar tempatnya kecil , namun setelah masuk kedalam, tempatnya lumayan luas dan cozy tentunya karena itu banyak sekali anak muda yang nongkrong sambil menikmati makan roti panggang di tempat ini.

Ternyata Jiwa Toast ini masih satu manajemen dengan Kopi Janji Jiwa. Karena Papa dan Mama Mertua saya tidak doyan roti, akhirnya kami putuskan untuk membungkus pesanan kami (take away). Saat itu kami memesan 2 egg n cheese dan 1 curry tuna untuk saya yang penggemar ikan.

Untuk penggemar sandwich, mungkin akan cocok dengan berbagai hidangan roti panggang yang ditawarkan di tempat ini karena roti panggang yang dihidangkan di tempat ini memang seperti sandwich tapi bedanya, jika sandwich memakai roti tawar biasa tanpa dipanggang dulu rotinya.

Untuk rasa, saya akan memberi nilai 7 dari 10 untuk Curry Tuna Toast yang saya nikmati di tempat ini.

Nah, itu tadi 5 tempat kuliner yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Banyuwangi, Bagaimana? Tertarik berkunjung ke Banyuwangi?, Seperti yang tadi sudah aku sampaikan nih, mumpung Traveloka lagi ada promo nih, yuk pake promo Traveloka payday supaya bisa ke Banyuwangi dengan lebih hemat di Masa Pandemi ini. Ada diskon Hotel sampai dengan 50% dan promo menarik lainnya di Traveloka Payday lho, buruan kepoin Travelokanya ya!

Sampai jumpa di perburuan kuliner di kota lainnya. Tetap makan-makan biar mood semangat tetap terjaga.