Connect with us

Bisnis

Manfaatkan Pinjaman Online Untuk Usaha Bermodal 10 Juta-an

usaha bermodal 10 juta

Pandemi Covid19 berdampak besar bagi dunia perekonomian rakyat Indonesia, bahkan di awal tahun ini saja pengangguran sudah naik menjadi 10 juta jiwa dihitung dari awal sebelum pandemi. Jumlah yang sangat fantastis bukan?

Namun Indonesia bukan satu–satunya negara yang mengalami lonjakan jumlah pengangguran dikarenakan pandemi karena seluruh penduduk di belahan bumi ini pun mengalaminya. Dengan naiknya jumlah pengangguran otomatis membuat banyak penduduk yang sebelumnya mencari nafkah di kota, berusaha kembali ke desa mereka masing-masing dan membuka usaha di sana.

Apa saja sih usaha yang bisa kita lakukan di desa?

1. Ternak Lele

Lele adalah salah satu ikan yang populer dibudidayakan di Indonesia dikarenakan konsumsinya yang cukup tinggi di Indonesia. Disamping itu, lele juga merupakan sumber nutrisi karena kaya akan vitamin D,  asam lemak omega 3, dan asam lemak omega 6.        

Anda hanya perlu menyiapkan uang 2 jutaan saja untuk memulai usaha ini. Masa panen lele juga relatif singkat dan tahan terhadap penyakit serta mudah perawatannya sehingga anda yang masih pemula pun takkan kesulitan dalam melakukan usaha budidaya lele ini.

Jika desa yang anda tinggali terletak tak jauh dari kota, anda bisa menawarkan lele produksi anda ke kota dan mendapatkan harga yang kebih tinggi ketimbang jika anda menjualnya di desa. Anda juga bisa mengolah lele produksi anda dalam bentuk makanan olahan lain yang tidak mudah basi seperti mengolah lele menjadi abon lele, nugget lele, bakso lele, atau ikan asap lele dan mengemasnya sedemikian rupa sehingga bisa menarik untuk dijual. Lele olahan ini selanjutnya bisa anda tawarkan ke supermaket-supermaket di kota atau bisa juga anda jual secara online di berbagai  platform online shop.

2. Usaha Produksi Kerupuk

Saya yakin hampir di setiap meja makan di seluruh rumah masyarakat selalu tersedia kerupuk. Budaya memakan kerupuk telah diturunkan secara turun temurun dari generasi ke generasi di seluruh Indonesia. Kerupuk adalah cemilan wajib pendamping nasi saat kita makan. Jika hampir seluruh rumah tangga mengkonsumsi kerupuk maka bisa dipastikan jika kebutuhan akan adanya kerupuk tentu sangat besar. Peluang inilah yang bisa kawan semua manfaatkan untuk membuka usaha produksi kerupuk.

Dengan modal minimal dibawah 10 juta, kawan bisa membuka usaha produksi kerupuk. Sobat semua juga bisa memilih jenis kerupuk apa yang ingin sobat produksi dan siapa target pasar dari kerupuk produksi sobat. Jika memang sobat ingin menargetkan pasar hanya sebatas di desa yang sobat tinggali dan desa tetangga, maka sobat bisa memproduksi kerupuk dengan rentang harga yang relatif murah. Namun jika sobat merasa pede dan ingin memasarkan sampai ke kota juga maka ada baiknya sobat memproduksi kerupuk yang mempunyai rasa unik dan kemasan yang menarik karena konsumen kota adalah konsumen yang visual, mereka akan lebih tertarik dengan kerupuk yang dikemas dengan bungkus menarik, terlihat bersih dan tentunya dengan beragai rasa yang unik.

3. Membuka Usaha Makanan

Usaha makanan adalah usaha yang sempat mengalami penurunan di awal masa pandemi namun dengan adanya kebijakan ppkm dari pemerintah, kini usaha makanan juga kembali naik. Pilihlah usaha makanan yang menarik dan belum ada di desa tempat tinggal anda, jangan ragu membuat variasi serta inovasi pada jenis makanan tertentu. Misal jika di desa anda sudah ada yang berjualan martabak manis dan anda juga ingin membuka usaha yang sama, maka jangan ragu membuat inovasi pada usaha martabak manis anda, misalkan dengan menambahkan beberapa topping dan rasa pada martabak manis buatan anda. Namun dikarenakan anda menargetkan warga desa anda, maka anda juga harus memasukkan faktor harga pada martabak manis buatan anda, jadi jangan lupa sesuaikan harga produk makanan anda dengan kantong para warga desa di sekitar anda.

4. Membuka Kedai Kopi

Dengan adanya program internet desa, maka kini jaringan internet di desa sudah bukan hal yang asing lagi. Dengan memanfaatkan internet, maka usaha kedai atau warung kopi sobat dijamin akan ramai pengunjung. Cukup bermodal tempat yang stategis, kopi sachet, TV layar lebar dan wifi maka pelanggan pun akan datang ke kedai kopi sobat.  Dikarenakan pelanggan biasanya berada di warung kopi cukup lama maka anda juga bisa menjual rokok, cemilan atau bahkan nasi bungkus di warung anda.

Penikmat kopi di kedai atau warung kopi, berbeda dengan penikmat kopi di kafe. Para pengunjung kopi di kedai atau warung kopi kebanyakan adalah bapak-bapak atau anak muda yang ingin menghabiskan waktu lama di kedai atau warung kopi untuk memanfaatkan wifi atau sekedar mencari teman mengobrol ditemani secangkir kopi tanpa terlalu menghiraukan rasa kopi yang mereka nikmati, berbeda dengan konsumen kafe yang mencari kopi dengan kualitas premium, karena itu jika anda membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu anda melayani di warung kopi maka ada baiknya anda memilih karyawan yang masih muda, menarik, dan ramah sehingga membuat pengunjung kedai kopi anda ingin kembali.

5. Budidaya Cicak

Percaya atau tidak, hewan yang biasa kita temui sedang merambat di dinding rumah dan tidak disukai sebagian besar orang karena dianggap menjijikkan ini adalah salah satu komoditas ekspor Indonesia. Negara China dan Hongkong adalah tujuan utama ekspor hewan ini. Cicak dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati asma, penyakit kulit, sampai dengan kanker.

Cicak yang diekspor adalah cicak yang sudah dikeringkan. Sobat bisa memulai usaha ini dengan modal 10-15 jutaan. Untuk mempermudah penjualan, sobat bisa mencari tahu tentang komunitas penjualan cicak kering sehingga bisa sharing pengalaman dengan penjual cicak lainnya.

Nah, itu tadi adalah 5 usaha yang bisa sobat sekalian coba jika ingin membuka peluang usaha di desa. Jika sobat membutuhkan modal usaha dan tidak mau repot ke bank menggadaikan surat atau barang berharga yang sobat punyai, maka sobat bisa memanfaatkan berbagai pinjaman online yang kini sudah marak beredar di masyarakat. Jika sobat tertarik dngan pinjaman online tapi bingung pinjaman online mana yang sesuai dengan kebutuhan sobat maka sobat semua bisa mengunjungi finpedia.

Apa itu finpedia? Finpedia adalah marketplace pinjaman yang memberi kemudahan bagi sobat yang ingin mengajukan pinjaman. Mulai dari pinjaman online, pengajuan KPR, KTA, KKB, Kredit Multiguna, bahkan sampai pengajuan Kartu Kredit berbagai bank terpercaya ada di Finpedia.

pinjaman online

Sobat semua tidak perlu ragu mengajukan pinjaman melalui marketplace pinjaman Finpedia ini karena semua lembaga keuangan dan Bank yang tersedia di Finpedia merupakan lembaga keuangan dan bank yang bisa telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan Finpedia, sobat semua bisa membandingkan bunga, tenor dan jumlah cicilan yang bisa sobat ambil dari berbagai lembaga keuangan dan bank yang terdapat di Finpedia untuk menentukan mana pinjaman terbaik yang bisa sobat ambil. Kalau kamu tertarik, kamu bisa langsung kunjungi ke https://www.finpedia.id/pinjaman.

1 Comment

1 Comment

  1. pangarep

    March 26, 2021 at 11:02 pm

    Modal 2juta hanya untuk budidaya 2000 ekor dengan estimasi 2-3bulan panen. Hasilnya? bisa saja rugi karena ada kematian yang tidak terhindarkan. Selain itu harga pakan naik otomatis bugdet naik.

    Usaha budidaya lele mudah?
    Mudah untuk yang sudah senior, untuk pemula perlu teliti dan telaten dalam menjaga pakan, bibit dan air.

    Kadang juga terjadi mati mendadak menjelang panen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Turn Over Karyawan Anda Tinggi? Cara Ini Bisa Jadi Solusinya

Bisnis

Suara Walet Berkualitas Suara Walet Berkualitas

Suara Walet Berkualitas Untuk Bisnis Sarang Walet

Bisnis

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup