Connect with us

Tokoh

3 Tokoh Inspirasi Indonesia Yang Membuat Milenial Semakin Termotivasi

tokoh inspirasi indonesia

Saatnya buka semangat baru. Memperoleh inspirasi bisa dari mana saja, belajar dari kesuksesan orang lain merupakan hal yang biasa dilakukan, apalagi jika orang yang dijadikan inspirasi mempunyai pencapaian yang luar biasa di dalam hidupnya. Berikut ini 3 tokoh inspirasi Indonesia bagi milenial, yang membuatmu semakin termotivasi.

3 Tokoh Inspirasi Indonesia Bagi Milenial

1. Najwa Shihab

Najwa Shihab, S.H. atau disapa akrab Nana, lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 September 1977. Ia adalah alumni Fakultas Hukum UI tahun 2000. masa SMA, dia terpilih mengikuti program American Field Service (AFS), yang ada di Indonesia.

Program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antar Budaya, selama satu tahun di AS. Ia merintis karier di RCTI, tahun 2001 Najwa memilih bergabung bersama Metro TV karena stasiun TV tersebut dinilai lebih menjawab minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.

Dia pernah menjadi pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Ia adalah mantan news anchor pada program berita prime time, Suara Kamu, program bincang-bincang Mata Najwa, dan Metro Hari Ini.

Pada tahun 2005, dia mendapat penghargaan dari dan PWI Jaya dan PWI Pusat untuk hasil liputan dan laporannya dari Aceh, ketika bencana tsunami melanda Aceh, pada Desember 2004 silam. Liputan dan laporannya dinilai memberi andil bagi meluasnya empatu dan kepedulian masyarakat luas terhadap tragedi kemanusiaan itu.

Pada Tahun 2007, pengakuan terhadap profesionalisme Najwa tak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga mancanegara. Terbukti, tidak hanya masuk nominasi pembaca berita terbaik Panasonic Awards, ia juga masuk nominasi 5 besar ajang yang lebih bergengsi di tingkat Asia, yaitu Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow Presenter.

2. Sandiaga Uno

Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969 adalah politikus Indonesia sekaligus pengusaha. Bersama Anies Baswedan, ia memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017.

Sandi memulai masa jabatannya menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, pada bulan Oktober tahun 2017. Pada tahun 2009, menurut majalah Forbes dia tercatat sebagai orang terkaya di urutan ke-29 di Indonesia.

Pada tahun 2011, majalah Forbes kembali menyampaikan daftar orang terkaya di Indonesia. Sandiaga menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan US$ 660 juta. Dia adalah lulusan dari Wichita State University, Amerika Serikat, dengan predikat summa cum laude.

Sandiaga Uno meyakini bahwa optimisme dan keberanian dalam menatap masa depan menjadi kunci yang menjadi pembuka jalan untuk meraih kesuksesan. Selain itu, yang harus menjadi perhatian adalah bangunan jejaring relasi.

Meskipun begitu, jejaring relasi hanya menyumbang 30 persen dari kesuksesan, selebihnya bersumber dari menjaga kepercayaan dan kerja keras. Ia menganggap bahwa hidup harus punya target. Tanpa target, maka pencapaian akan sulit diraih dan terwujud.

Menurut Sandiaga Uno, kegagalan dan kesalahan merupakan keniscayaan dalam berusaha. Tapi ia optimis bahwa kegigihan dalam upaya untuk terus berani mencoba adalah kunci menuju kesuksesan.

Apabila terus selalu mencoba untuk belajar dari kesalahan dan kegagalan (trial and error), maka hal itu akan mengantarkan seseorang pada puncak kesuksesan. Sandiaga memang patut dijadikan tokoh inspirasi Indonesia bagi kaum milenial agar termotivasi.

3. Nadiem Makarim

Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., lahir di Singapura, 4 Juli 1984. Ia kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo – K.H Mar’uf Amin, yang dilantik pada 23 Oktober 2019.

Nadiem juga merupakan seorang pengusaha Indonesia. Dia adalah pendiri Gojek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis online yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Vietnam, Singapore dan Thailand.

Nadiem berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura, saat menjalani proses pendidikan dasar hingga SLTA. Pasca menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Singapura, pada tahun 2002, dia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat.

Nadiem juga sempat mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics. Setelah memperoleh gelar sarjana pada tahun 2006, tiga tahun kemudian, ia mengambil pasca-sarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

Pada tahun 2006, Nadiem memulai kariernya sebagai konsultan manajemen di McKinsey dan Company. Setelah memperoleh gelar MBA, ia mulai menjadi pengusaha dengan mendirikan Zalora Indonesia. Di perusahaan itu, ia juga menjabat sebagai Managing Editor.

Sebelum akhirnya fokus mengembangkan Go-Jek yang telah dirintisnya sejak tahun 2011, , ia kemudian menjabat sebagai Chief Innovation Officer (CIO), setelah keluar dari Zalora. Saat ini Gojek merupakan perusahaan rintisan terbesar di Indonesia.

GO-Jek memperoleh pendanaan sekitar Rp7,2 triliun dari konsorsium yang terdiri dari KKR, Sequoia Capital, Capital Group, Rakuten Ventures, NSI Ventures, Northstar Group, DST Global, Farallon Capital Management,Warburg Pincus, dan Formation Group, Agustus 2016.

Nah, itulah beberapa tokoh inspirasi Indonesia bagi milenial, yang bisa membuat kamu lebih termotivasi dan terinspirasi dalam mencapai cita-cita dan impian kamu. Lakukan hal terbaik yang kamu bisa, dan terus berusaha.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup