Connect with us

Finansial

6 Tips Mengatur Keuangan Secara Efektif

tips mengatur keuangan

Saatnya buka semangat baru. Setiap orang pasti memiliki keadaan keuangan yang berbeda-beda. Jumlah dan jenis pemasukan hingga pengeluaran, harus dikelola seefektif mungkin agar tidak ada penyesalan di masa mendatang. Untuk mempermudahnya, berikut tips mengatur keuangan secara efektif yang bisa Kamu terapkan.

Tips mengatur keuangan

Sebelum membahas langsung tiap tips, Kamu perlu memahami keadaan keuangan Kamu. Beberapa tips mungkin akan membutuhkan nominal tertentu dari pemasukan Kamu. Sesuaikan nominal tersebut dengan kemampuan keuangan Kamu.

1. Buat tujuan keuangan

Tujuan keuangan yang dimaksud bisa dalam jangka panjang, menengah dan pendek. Contoh tujuan jangka panjang adalah dana pensiun. Jangka menengah misalnya membeli atau membuat rumah. Sedangkan jangka pendek misalnya pembelian perabotan atau barang elektronik tertentu.

Dengan adanya tujuan, Kamu dapat membuat pemasukanmu menjadi lebih terarah. Uang tidak hanya habis untuk keperluan dan hiburan sehari-hari semata. Setelah mengetahui tujuan keuangan, Kamu dapat mengatur strategi dalam mencapai tujuan tersebut. Misalnya adalah dengan menggunakan rumus 50-30-20.

Jika Kamu memiliki strategi yang lebih baik, gunakan saja. Hal yang terpenting adalah dana Kamu tidak menguap tanpa tujuan. Usahakan untuk terus mentaati strategi yang Kamu terapkan. Tidak jarang godaan hadir yang bisa merusak rencana dan tujuan.

2. Berinvestasi dan menyiapkan dana darurat

Dalam memilih metode untuk mencapai tujuan, investasi merupakan metode yang paling tepat untuk tujuan jangka panjang. Investasi tidak harus dalam bentuk properti rumah, apartemen atau tanah. Saat ini terdapat banyak jenis investasi terjangkau yang bahkan anak muda bisa lakukan.

Contohnya adalah investasi emas batangan, reksadana dan saham. Saat ini banyak tabungan emas mulai dari Rp. 100.000 atau reksadana yang bisa dibeli mulai dari Rp. 10.000. Memang bunga yang didapat sedikit, tetapi hasil akan tetap terasa jika investasi dilakukan secara rutin dan sedini mungkin.

Selain ke investasi jangan lupa bagi dana Kamu ke dana darurat. Hasil investasi tidak akan terasa dalam satu hingga tiga tahun dan Kamu bisa rugi jika menjual investasi Kamu yang masih baru. Selama masa tersebut bisa jadi Kamu mengalami keadaan darurat yang membutuhkan dana.

Di sinilah peran dana darurat Kamu dibutuhkan. Sehingga Kamu bisa menangani keadaan darurat tanpa merusak aset, tabungan dan investasi Kamu. Dana darurat sebaiknya Kamu simpan di tempat yang aman dan mudah untuk diambil.

3. Catat seluruh pemasukan dan pengeluaran

Meskipun keuangan sudah diatur sedemikian rupa, mencatat pemasukan dan pengeluaran setiap harinya itu perlu. Dengan begitu, orang akan tahu apakah di bulan tertentu ada pengeluaran yang membengkak atau justru sisa anggaran. Hal ini pun cukup efektif dalam mengontrol hasrat belanja.

Perasaan hedon bisa tertekan dengan melihat catatan pengeluaran bulanan yang sudah dilakukan. Kamu bisa mencatatnya dalam buku atau aplikasi keuangan. Saat ini ada banyak aplikasi yang dapat membantu mencatat dan mengelola keuangan Kamu.

4. Penuhi kebutuhan bukan keinginan

Keinginan memiliki adalah hal alamiah bagi manusia. Yang perlu diperhatikan adalah urgensi dan manfaat dari barang yang ingin dimiliki. Pertimbangkanlah hal ini tiap kali Kamu menginginkan sesuatu. Apakah hal tersebut merupakan keinginan atau kebutuhan? Kebutuhan adalah sesuatu yang bersifat mendesak dan bermanfaat.

5. Hargai uang termasuk yang recehan

Pepatah ‘biar sedikit lama-lama jadi bukit’ memang ada benarnya. Tak jarang uang receh sering diabaikan. Meskipun sedikit, recehan juga adalah uang yang memiliki nilai. Mulailah kumpulkan uang receh yang bisa jadi besar suat saat nanti. Hal ini merupakan siasat dalam tips mengatur keuangan.

6. Hindari kredit sebisa mungkin

Saat ini kredit merupakan hal yang lazim dan banyak masyarakat lakukan. Kredit biasanya orang lakukan karena desakan atau keinginan. Sayangnya, banyak yang tidak memperhatikan bahaya bunga dibaliknya.

Jika barang yang akan dikreditkan tidak mendesak, menabung akan lebih baik bagi Kamu. Secara sepintas, bunga bisa jadi terlihat kecil dan ringan. Padahal jika Kamu total keseluruhan dan Kamu bandingkan dengan tunai, akan ada kerugian yang Kamu tanggung.

Manfaat finansial yang bisa Kamu dapat

Jika Kamu mampu menerapkan beberapa tips dalam mengelola keuangan di atas, tentunya akan banyak manfaat yang bisa Kamu rasakan. Terhindar dari kerugian yang lebih besar misalnya. Kamu juga bisa terhindar dari hutang dengan pengelolaan keuangan yang matang.

Kamu juga akan mandiri secara finansial karena Kamu dapat mengelola keuangan sendiri. Secara tidak langsung, kebutuhan Kamu pun akan tercukupi dengan baik. Gaya dan pola hidup pun akan ikut terpengaruh cara pengelolaan keuangan Kamu. Hidup sehat dan sederhana bisa diterapkan sekaligus.

Untuk dapat merasakan manfaat tersebut, coba terapkan beberapa tips mengatur keuangan yang sudah dibahas. Mulailah dari sekarang agar Kamu dapat segera merasakan manfaatnya. Jangan lupa konsisten dan tetap bekerja keras.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup