Connect with us

Pendidikan

Tips Belajar Mudah Dengan Bot Matematika Whatsapp

bot matematika whatsapp

Jika semua anak ditanyakan mengenai pelajaran paling sulit yang harus dipelajari, jawabannya hampir seragam yaitu belajar matematika. Salah satu alasannya adalah untuk mempelajari matematika membutuhkan hapalan terhadap rumus-rumus. Tidak mengherankan, banyak bimbingan belajar yang memberikan bantuan kepada siswa untuk belajar matematika. Kali ini kita akan mengetahui tips belajar matematika yang mudah dengan bot matematika whatsapp.

Kesulitan Belajar Matematika

Salah satu momok yang sering ditakutkan oleh para siswa ketika mempelajari matematika adalah harus menghapalkan rumus-rumus yang semakin lama semakin banyak. Ketika rumus matematika tidak diketahui, maka soal matematika yang dihadapi menjadi tidak bisa dikerjakan.

Sehingga matematika bisa dibilang sebagai pelajaran yang sangat kompleks karena tidak hanya berkutat pada aspek aritmetika yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian tetapi juga pada aspek menghapal rumus. Akibatnya banyak siswa yang merasa kesulitan ketika belajar matematika.

Beberapa kesulitan yang sering timbul ketika belajar matematika antara lain:

  1. Kesulitan menghapal rumus matematika.
  2. Sering timbul kesalahan pada saat perhitungan.
  3. Tidak memahami soal yang diberikan.

Saatnya Belajar Mudah Dengan Bot Matematika Whatsapp (WA)

Namun saat ini dengan kemajuan teknologi, para siswa tidak perlu lagi bingung karena tidak bisa menghapalkan rumus matematika. Para siswa bisa memanfaatkan bot matematika whatsapp.

Apa itu Bot

BOT adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk dapat merespon berbagai hal yang diberikan. Secara algoritma, pengerjaan aplikasi ini menggunakan pengenalan pola-pola tertentu misalnya kata-kata, bentuk, warna, bahkan gambar yang nantinya akan diberikan respon balik dari inputan yang dimasukkan.

Pada tingkat yang lebih tinggi lagi, BOT akan diintegrasikan dengan artificial intelligence (AI) yang mempunya kemampuan respon lebih cepat dan lebih dinamis.

Aplikasi Whatsapp (WA)

Aplikasi whatsapp adalah aplikasi komunikasi antar perorangan dan atau grup yang dipergunakan untuk mengirim pesan berupa teks, gambar, hingga video. Whatsapp saat ini dikembangkan oleh Facebook, sebuah perusahaan yang masif mengembangkan aplikasi berbasis teknologi informasi.

Bot Matematika Whatsapp

Dengan pengguna aplikasi komunikasi yang saat ini terbanyak di dunia, maka banyak pengembang yang berlomba-lomba untuk juga mengembangkan berbagai aplikasi yang bisa berjalan di atas aplikasi Whatsapp. Salah satu yang sedang ramai dikembangkan adalah memasukkan bot di dalam whatsapp.

Berbagai implementasi bot di dalam whatsapp telah dikembangkan, salah satunya adalah bot matematika whatsapp. Bot ini dikembangkan untuk membantu siswa untuk belajar matematika.

Seperti lazimnya cara kerja bot lainnya, bot matematika juga akan mengolah dari inputan yang diberikan, kemudian memberikan respon berdasarkan hasil olahan yang dikerjakan di server.

Dalam bot matematika whatsapp ini, siswa tinggal mengirimkan foto dari soal matematika yang akan dikerjakan. Selanjutnya bot akan memproses dan memberikan respon berupa rumus ataupun jawaban jika ditemukan soal serupa di database soal yang ada di pusat data. Jika soal yang dimaksud belum bisa diselesaikan, maka bot akan menyimpannya di database dan akan dicarikan solusi agar di masa mendatang jika ada soal yang serupa bot bisa membantu memberikan jawaban.

Belajar Matematika Menjadi Menyenangkan

Belajar Matematika Dengan Mudah
Belajar Matematika Dengan Mudah

Dengan Bot matematika whatsapp ini, para siswa akan diberikan kemudahan ketika menghadapi soal latihan matematika namun pada saat itu belum mengetahui bagaimana cara mengerjakan ataupun tidak hapal rumusnya.

Sekali lagi, dengan kemajuan teknologi akan semakin mempermudah bagi manusia. Harapan dengan adanya bot matematika ini adalah para siswa akan semakin giat belajar dan memandang bahwa belajar matematika menjadi semakin menyenangkan, sehingga kesulitan ketika belajar matematika bisa terselesaikan.

22 Comments

22 Comments

  1. Triani Retno

    January 19, 2021 at 6:00 am

    Yang kesulitan dengan matematika bukan cuma siswa, Mas. Tapi juga ortunya (apalagi seperti aku, yang basic pendidikannya bukan eksakta). Puyeng tujuh keliling dah kalo lihat soal-soal di buku matematika anak 😀

  2. Umimami

    January 19, 2021 at 7:19 am

    Matematika itu emang agak gimana gitu ya, sulit sulit ngangenin hihi
    Tertarik banget sama boot matematika whatssapp ini, jadi klo mau nyoba bot ini gimana caranya ya? Mkasih ☺

    • Artha Nugraha Jonar

      January 19, 2021 at 3:47 pm

      tinggal chat ke nomer WAnya saja dan kirim soalnya dalam bentuk foto. Keren ya bisa canggih gini.

  3. Dyah ummu AuRa

    January 19, 2021 at 9:14 am

    Wuih seru banget nih. Bukan cuma buat siswa aja, tapi emak-emak macam saya butuh sekali bot matematika ini. Karena terkadang anak nanya soal matematika, lah emaknya udah lupa ma rumusnya.

  4. Yuni

    January 19, 2021 at 9:54 am

    Pelajaran matematika dari dulu tetap menjadi momok yang menakutkan. Padahal kalau dipelajari dengan sungguh-sungguh, matpel ini bisa menjadi matpel yang menyenangkan. Sayangnya tak semuanya beranggapan demikian. Kalau ada aplikasi yang memudahkan belajar matematika tentunya membuat anak akan makin senang belajar angka dan rumusnya. Jadi penasaran dengan bot matematika ini.

  5. Dian

    January 19, 2021 at 10:53 am

    wah serius ada fitur ini di WA mas? aku baru tahu
    ini oas banget ya buat orang tua mendampingi anak anak belajar di rumah

  6. Fenni Bungsu

    January 19, 2021 at 11:40 am

    Simple banget ini di WA udah ada Bot Matematika, soalnya kadang suka dijapri sama siswa buat bantu mengerjakan pe er matematikanya. Ada ini kan jadi simple mengarahkan rumusnya apa nanti.

  7. Diah Kusumastuti

    January 19, 2021 at 11:55 am

    Wah aku baru tau nih ada Bot Matematika WhatsApp. Nanti coba ngulik-ngulik lebih lanjut deh. Soalnya anak sulungku lemot banget kalo belajar Matematika, hahaha…
    Makasih infonya, Mas 🙂

  8. Eri Udiyawati

    January 19, 2021 at 11:58 am

    Terobosan baru banget nih, belajar matematika bisa dari Whatsapp. Keren nih yang membuat bot matematika di Whatsapp. Jadi belajar matematika akan lebih mudah dan menyenangkan.

  9. Siti Mustiani

    January 19, 2021 at 12:31 pm

    Menarik juga nih Bot Matematika Whatsapp bisa menjadi rekomendasi media belajar untuk anak-anak ya

  10. Kiky

    January 19, 2021 at 12:32 pm

    Semoga bisa bijak memakainya. Niat banget yaaa yang bikin bot bot ginian. Trims sharingnyaaa ya.

  11. Bunda Saladin

    January 19, 2021 at 2:22 pm

    Wah baru tahu kalau di WA ada botnya. Coba aah. Saladin lagi belajar kuadrat dan pangkat 3, nah bundanya belum hafal juga.

    Makasih banyak infonya.

  12. Wiwin Pratiwanggini

    January 19, 2021 at 2:36 pm

    Keren nih.. Kecanggihan teknologi bisa bantu anak-anak memecahkan persoalan matematika. Semoga anak-anak yang lemah di matematika bisa terbantu.

  13. Apura

    January 19, 2021 at 3:48 pm

    Unik banget. Selain bot matematika, apakah pendidik sendiri bisa bikin fitur auto reply untuk pertanyaan dari murid ya pak? Penasaran saya.

  14. Iim Rohimah

    January 19, 2021 at 5:17 pm

    Ini keren banget buat belajar matematika. Kayaknya bisa juga nih buat yang mau belajar tes CPNS khusus untuk mapel matematika. Biasanya kan pencari kerja kadang sudah lupa materi dan rumus matematika. Bahkan mungkin belum paham sama sekali.

  15. Icha Marina Elliza

    January 19, 2021 at 6:44 pm

    Lah.. aplikasi bot matematika WhatsApp ini akan memudahkan orangtua saat menemani anak belajar daring. Kan gak semua orang tua masih inget dengan pelajaran matematika zaman sekolah dulu.

  16. Heizyi

    January 19, 2021 at 7:59 pm

    Weh weh… Ilmu baru ini pak. Tapi apa gak bikin anak males?

    Nanti mereka malah ngandelin bot ketimbang mikir

  17. Karyati Niken

    January 19, 2021 at 9:47 pm

    Wowww.. serius nih siswa tinggal mengirimkan foto dari soal matematika yang akan dikerjakan? Langsung bisa dibantu ya. Woww.. bisa untuk pelajaran matematika kelas berapa aja kak?

  18. Jasmi

    January 20, 2021 at 6:25 pm

    Lha canggih banget udah ada bot Matematika segala. Ini kalau ponakanku tau pasti girang banget dia. Bisa buat belajar di rumah.

  19. Mutia Nurul Rahmah

    January 22, 2021 at 10:28 am

    Ngapa baru ada sekarang bot belajarnya yaaaa kwkwkw, dulu rumit sekali rasanya belajar matematika semasa sekolah

  20. Hastin Pratiwi

    April 29, 2021 at 2:59 pm

    Jadi ingat anakku yang udah bete duluan sama pelajaran ini, padahal sebenarnya dia bisa ngerjain, cuma karena sudah telanjur gak suka jadi terbawa bete tiap ada soal Matematika.
    Baru tahu juga kalau ada bot di WA. Selama ini tahunya di Telegram aja, Mas. Makasih infonya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

momen pertama pada anak indonesia momen pertama pada anak indonesia

Dukung Momen Pertama Pada Anak Indonesia Melalui Wahana Visi Indonesia

Pendidikan

Kuliah di New Zealand Kuliah di New Zealand

5 Tips Kuliah di New Zealand

Pendidikan

Manfaat Bimbingan Belajar Manfaat Bimbingan Belajar

Manfaat Bimbingan Belajar Bagi Siswa

Pendidikan

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup