Connect with us

Pendidikan

Manfaat Bimbingan Belajar Bagi Siswa

Manfaat Bimbingan Belajar
Manfaat Bimbingan Belajar

Saatnya buka semangat baru! Kali ini akan diulas tentang manfaat bimbingan belajar bagi siswa. Banyak siswa yang ternyata tidak cukup hanya mendapatkan pembelajaran di sekolah. Salah satu buktinya adalah ketika belajar di rumah menghadapi banyak kendala seperti tidak bisa berkonsentrasi belajar, ataupun tidak mendapatkan bantuan ketika menemui kesulitan dalam belajar. Oleh sebab itu, banyak manfaat bimbingan belajar yang bisa didapat.

Manfaat Bimbingan Belajar

  1. Lebih Fokus Belajar
    Salah satu manfaat dari mengikuti bimbingan belajar adalah kamu bisa lebih fokus lagi dalam belajar. Berbeda dengan belajar sendiri di rumah, ada kemungkinan akan mendapatkan distraksi dari lingkungan sekitar misalnya diajak main oleh teman. Jika kamu belajar di bimbingan belajar maka kamu akan fokus terhadap pembelajaran yang kamu ikuti.

  2. Mendapatkan Pengetahuan Yang Lebih Dari Sekolah
    Mengikuti bimbingan belajar akan membuat kamu mendapatkan pengetahuan lebih dari apa yang kamu dapatkan di sekolah. Dari bimbingan belajar, kamu bisa mendapatkan banyak tips dan trik dalam menghadapi berbagai soal. Inilah yang menjadi keunggulan jika dibandingkan dengan pembelajaran di sekolah. Artinya, kamu bisa mendapatkan dasar pengetahuan dari sekolah tetapi kamu juga bisa mendapatkan pengayaan dari materi sekolah tersebut melalui bimbingan belajar.

  3. Membantu Ketika Ada Kesulitan Belajar
    Ketika belajar di rumah, kamu pasti kesulitan jika ada pelajaran yang tidak kamu pahami, dan inilah gunanya kamu mengikuti bimbingan belajar. Di bimbingan belajar kamu bisa bertanya sebanyak apapun terhadap pengajar. Pengajar akan dengan senang hati menyampaikan solusi dari pelajaran yang belum kamu pahami tersebut.

Pengalaman Mengikuti Bimbingan Belajar

Pada saat sekolah, saya telah mengikuti bimbingan belajar sejak kelas 5 sekolah dasar. Orang tua saya yang mendaftarkan ke bimbingan belajar tersebut. Awalnya saya agak ragu karena sebelumnya saya belum pernah mengikuti aktifitas belajar di bimbingan belajar, namun ketika sudah mulai belajar, saya menemukan bahwa bimbingan belajar ini banyak membantu saya.

Meski di sekolah juga ada les yang diselenggarakan oleh sekolah, saya tetap mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Saya merasa banyak mendapatkan pengetahuan baru, terutama untuk menghadapi berbagai ujian nasional mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Berbagai manfaat bimbingan belajar inilah yang meyakinkan saya bahwa mengikuti sebuah pembelajaran di sebuah bimbingan belajar adalah hal yang penting.

Memilih Bimbingan Belajar di Surabaya

Jika kamu berada di kota Surabaya, kamu bisa memilih gurulesku.id sebagai Bimbel Surabaya. Gurulesku ID adalah salah satu lembaga bimbel terbaik di Surabaya yang akan membantu siswanya dalam kegiatan belajar.

Ada 3 keunggulan dari gurulesku ID antara lain:

  1. Kualitas
    Gurulesku ID memiliki pengajar dengan kualitas terbaik dari perguruan tinggi ternama.

  2. Berpengalaman
    Gurulesku ID sudah melayani bimbingan belajar siswa selama kurang lebih 8 tahun. Dengan pengalaman ini, Gurulesku ID telah berhasil membimbing siswa dalam menghadapi berbagai ujian.

  3. Fleksibilitas
    Gurulesku ID menawarkan sistem privat dan semiprivat dengan jadwal yang fleksibel. Jika kamu sedang mencari Bimbel Privat Surabaya kamu bisa memilih Gurulesku ID.

Sekali lagi, bimbingan belajar sangat bermanfaat terutama bagi siswa yang tidak bisa fokus jika belajar di rumah ataupun tidak mendapatkan bantuan ketika menghadapi kesulitan saat belajar. Tinggal memilih bimbingan belajar yang tepat. Salah satu bimbingan belajar terbaik di Surabaya yang bisa kamu pilih adalah Gurulesku ID. Semoga informasi ini berguna untuk kamu.

31 Comments

31 Comments

  1. Avatar

    Akarui Cha

    December 4, 2020 at 12:48 pm

    Bahkan ikut bimbingan belajar jiga menambah kenalan dan teman baru. Bukan cuma dapat pengetahuan dan bikin nilai di sekolah bisa terdongkrak.

    • Artha Nugraha Jonar

      Artha Nugraha Jonar

      December 5, 2020 at 10:19 am

      Ya bener banget, banyak kenalan baru yang saya dapatkan waktu ikut bimbel dulu.

  2. Avatar

    Yulia Rahmawati

    December 4, 2020 at 1:56 pm

    Saya pernah ikut bimbingan belajar, sepulang sekolah ke tempat bimbel, sampe rumah sore banget. Di bimbel itu berasa banget diajarin belajar praktis, termasuk rumus dan hitungan.

    • Artha Nugraha Jonar

      Artha Nugraha Jonar

      December 5, 2020 at 10:20 am

      Banyak “cara cepat” yang diajarin di bimbel yang gak pernah diajarin di sekolah.

  3. Avatar

    Jasmi

    December 4, 2020 at 4:33 pm

    Bimbingan belajar emang ngebantu banget untuk belajar lebih banyak. Soalnya di sekolah aku bilang sih gak terlalu maksimal doalnya kan sekelas rame tuh. Guru keteteran juga. Cuma ya kalau emang mau binbingan belajar harus cari tempat dan guru yang kompeten biar gak rugi bayaran ya kak. Seneng deh ada Gurulesku ID sebagai solusi

    • Artha Nugraha Jonar

      Artha Nugraha Jonar

      December 5, 2020 at 10:21 am

      Idealnya memang satu kelas maksimal 20 kelas ya, ini pengalamanku sih waktu ngajar. Kalau lebih dari itu, gurunya pusing, muridnya juga pusing, hehehe.

  4. Avatar

    Hendra Suhendra

    December 4, 2020 at 7:07 pm

    Anak saya mau saya masukkan ke bimbel, tapi lagi pandemi, jadi saya urungkan niat untuk sementara. Padahal bimbel memang perlu banget. Sebelum pandemi, anak saya rutin ikut les tambahan, tapi semenjak pandemi, semuanya terhenti. Solusinya, ya saya usaha keras buat membantu sekuat tenaga mengajarkan anak saya.

    Perlu sekali sih bimbel macam GURULESKU ini.

    • Artha Nugraha Jonar

      Artha Nugraha Jonar

      December 5, 2020 at 10:22 am

      Selama pandemi ini saya malah mengundang guru privat ke rumah. Kasihan sekali karena kesulitan dengan pembelajaran online. Jadi anak saya pagi belajar mandiri pelajaran sekolah dengan mamanya, sorenya belajar dengan guru lesnya.

  5. Avatar

    Diah Alsa

    December 4, 2020 at 10:19 pm

    bimbingan belajar sangat membantu anak-anak dalam belajar, bisa lebih fokus juga belajarnya dan mengerjakan tugas-tugas, apalagi jika ada sistem privat gitu ya, bisa lebih banyak serap ilmu dari mentornya nih 🙂

    • Artha Nugraha Jonar

      Artha Nugraha Jonar

      December 5, 2020 at 10:23 am

      Ya benar banget. Anak saya mengikuti sistem privat, sangat membantu sekali ketika ujian di sekolah. Ketika ujian bisa mengerjakan secara mandiri.

  6. Avatar

    Iim Rohimah

    December 5, 2020 at 12:41 am

    Waktu saya sekolah dulu ingin sekali punya waktu untuk bimbel. Namun, situasi dan kondisi membuat saya tidak bisa punya kesempatan tersebut. Memang sih, ini soal rezeki. Namun, boleh dong berandai-andai jika pola belajar dulu itu lebih oke (ada bimbingan belajarnya) kemungkinan kualitas diri dalam akademik saya lebih baik.

    Bimbel itu penting sekali memang. Malah ini jadi bekal panjang supaya masuk perguruan tinggi lebih baik. Bukan terdampar di tempat pendidikan akhir (kampus) yang kurang menjamin. Wkwk jadi panjang ceritanya ya Mas… hihi Ya berawal dari belajar sih memang.

    • Artha Nugraha Jonar

      Artha Nugraha Jonar

      December 5, 2020 at 10:15 am

      Gak apa-apa kok, belajar di mana saja sama saja. Meski tidak bimbel, mungkin bisa juga mengikuti pola yang dilakukan di bimbel, misalnya dengan buat kelompok belajar

  7. Avatar

    Ari Santosa Pamungkas

    December 5, 2020 at 3:54 pm

    Bimbel bagi aku jaman dahulu tuh buat layaknya mendapatkan 2nd opinion kalau periksa ke dokter. Bedanya, bimbel itu kita bisa memilih siapa yang akan jadi tutor kita, yang bisa satu frekuensi dengan cara belajar kita.

    • Artha Nugraha Jonar

      Artha Nugraha Jonar

      December 16, 2020 at 11:47 am

      Bener banget mas, apalagi siswa bimbel lebih sedikit daripada di sekolah, jadi bimbingan ke tutornya bisa lebih intens

  8. Avatar

    Rudi G. Aswan

    December 5, 2020 at 9:36 pm

    Bimbel bagus buat siswa yang pengin memperdalam materi ya Mas. Terutama persiapan ujian karena anak bisa makin matang ke bahan yang akan diujikan. Sekarang makin banyak penyedia bimbel ya, kudu cari yang berpengalaman dan waktunya fleksibel.

  9. Avatar

    Bety Kristianto

    December 6, 2020 at 3:39 am

    Bimbel itu mah menurut aku penting buat anak-anak terutama pas menjelang mau ujian ehehehe. Pengalaman aku jugak sejak kelas 6 udah diikutkan sama ortu di bimbel deket rumah. Bantu banget sih apalagi utk mapel yg mayan berat macem math gitu. Anakku juga pas kelas 6 aku panggilin guru private. Soalnya waktu itu mau ikutan bimbel ga ada yg anter karna Mamaknya lg rempong ama bayik.

  10. Avatar

    Heizyi

    December 6, 2020 at 7:20 am

    Ada lagi, mas.

    Selain lebih fokus belajar, dapet tambhaan ilmu dari luar sekolah, pengalaamn, juga jangan lupakn teman baru serta semangat baru.

    Biasanya kalo bimbe itu temannya semakin beraneka ragam. Semangat berkompetisinya juga pasti semakin tinggi. Sesuai pengalaman sih ^^

  11. Avatar

    Jiah Al Jafara

    December 6, 2020 at 1:36 pm

    Bimbingan belajar itu antara perlu dan tidak. Kalau nanti anakku memang butuh, baiknya sebagai orangtua, kita kasih itu jika mampu. Jangan lupa nyarinya yang berkualitas

  12. Avatar

    Lidya

    December 6, 2020 at 3:31 pm

    Ikut bimbingan belajar selain merasakan manfaat yang sudahdisebutkan juga membiasakan diri mengerjakan soal-soal sejak dini sehingga untuk ujian sudah terbiasa. Pengalaman lihat ank bimbel juga diajrkan cara-cara cepat dalam mengerjakan soal.

  13. Avatar

    tukang jalan jajan

    December 6, 2020 at 4:32 pm

    dengan ikut bimbingan belajar, anak jadi lebih terarah dan fokus belajarnya. Orang tua juga akan lebih mudah mengarahkan sih. APalagi biasanya bimbingan belajar sudah disesuaikan dengan kurikulum

  14. Avatar

    Damar Aisyah

    December 6, 2020 at 5:14 pm

    Tahun ini anak saya kelas 4, dan masih belum mau dimasukkan bimbel. Saya kurang tahu apa alasannya gak mau. Padahal temen-temennya udah masuk bimbel semua. Mungkin nanti pas kelas 5 dia mulai tertarik. Karena pelajarannya makin susah juga. Semoga dia tergoda.

  15. Avatar

    Triani Retno

    December 6, 2020 at 6:17 pm

    Anak sulungku tahun lalu semangat ikut bimbel. Sekolah pagi sampai sore, lanjut bimbel sampai jam 7 malam. Persiapan buat UN. Pandemi datang. UN ditiadakan. Udah aja lulus 😀😀

    “Belajar itu untuk dapat ilmunya, Kak,” gitu kataku yang kebetulan lagi bijak 😀

  16. Avatar

    Rhoshandhayani K Taslim

    December 6, 2020 at 6:26 pm

    iya nih, aku dulu juga ikut bimbel
    ikut bimbel karena gak bisa belajar sendirian, haha
    sukanya belajar dengan panduan guru

  17. Avatar

    Euisry Noor (isrinur.com)

    December 6, 2020 at 8:21 pm

    Bimbel bisa membantu banget buat lebih paham pelajaran ya. Itu jg kalo kitanya semangat dan niat belajarnya. Kalo aku dulu sewaktu sekolah gak bimbel karena keterbatasan finansial. Padahal pengen banget.
    Ternyata udah ada tempat bimbel yg oke di Surabaya ya. Semoga di kota2 lain jg ada

  18. Avatar

    Ria Fasha

    December 6, 2020 at 9:24 pm

    Banyak banget ya manfaat bimbingan belajar. setuju sih anak-anak jadi lebih fokus
    kalo aku dulu pernah ikut bimbel, karena liat semangat teman lainnya jadi terpacu juga untuk belajar lebih baik

  19. Avatar

    Siska Dwyta

    December 6, 2020 at 11:26 pm

    Jadi ingat zaman sekolah juga saya masih ikut yang namanya bimbel karena merasa materi yang saya dapatkan di sekolah belum cukup membuat saya paham sehingga saya butuh ikut les atau bimbel. Dan benar nih dengan bimbel kita bisa lebih fokus dalam belajar.

  20. Avatar

    Rahmah

    December 6, 2020 at 11:41 pm

    Dulu saya termasuk orang yang ga ikut bimbingan
    Uang mama saya ga cukup buat itu
    Akhirnya membimbing diri sendiri
    Tapi sekarang anak saya perlu bimbingan apalagi buat skill tertentu
    Harus!

  21. Avatar

    apura

    December 7, 2020 at 3:41 am

    Iya sih, di sekolah itu kadang gurunya gak bisa merhatiin satu persatu muridnya. Aku juga kadang ngerasa begitu. Makanya belajar tambahan di luar sekolah itu bisa dibilang penting, apalagi kalau mau dapat ilmu yang jauh lebih baik. Boleh nih aku rekomendasiin gurulesku ID ke temen di Surabaya.

  22. Avatar

    Ainhy Edelweiss

    December 7, 2020 at 9:38 am

    Buat anak2, bimbel menjadi nilai tambah untuk belajar dan bisa menambah wawasan selain yang didapatkan di sekolah

  23. Avatar

    Hanifah Nila

    December 11, 2020 at 7:27 am

    Aku baru tau tentang gurulesku padahal lama tinggal di Surabaya. Bermanfaat sekali pasti masa sekarang butuh kondisi belajar kondusif Di rumah

  24. Avatar

    Putri Santoso

    December 23, 2020 at 10:33 pm

    bener banget tuh poin 2 dan 3 kak
    bimbel itu bisa menambah pengetahuan dan paling enak kalau ada PR bisa tanya guru di bimbel.serunya lagi bisa tambah temen dari luar sekolah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

bot matematika whatsapp bot matematika whatsapp

Tips Belajar Mudah Dengan Bot Matematika Whatsapp

Pendidikan

Kuliah di New Zealand Kuliah di New Zealand

5 Tips Kuliah di New Zealand

Pendidikan

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup