Connect with us

Lifestyle

5 Hal Yang Dapat Kamu Lakukan Saat Staycation

yang dapat kamu lakukan saat staycation

Saatnya buka semangat baru. Pada jaman pandemi ini, banyak dari kita yang saat ini menahan diri untuk pergi berwisata terutama menuju ke tempat-tempat yang ramai. Namun keinginan untuk bisa berekreasi bersama keluarga ataupun menghilangkan penat akibat rutinitas itu selalu saja muncul. Maka jawabannya adalah melakukan staycation. Berikut ini akan diulas mengenai 5 hal yang dapat kamu lakukan saat staycation.

Apa itu staycation?

Staycation disematkan pada aktivitas liburan yang kamu lakukan di rumah ataupun di daerah sekitar yang sekota dengan tempat tinggal kamu. Jika mendengar istilah ini, kita akan membayangkan pada sebuah aktifitas liburan singkat yang menyenangkan.

5 Hal Yang Dapat Kamu Lakukan Saat Staycation

Sebelum melakukan staycation, pastikan untuk membuat dahulu sebuah rencana apa yang dapat kamu lakukan saat staycation nanti. Setelah terjebak dalam segala rutinitas yang kamu jalani, dan berharap bisa lepas dari itu semua atau menginginkan waktu bersama keluarga, maka staycation adalah sebuah pilihan aktivitas yang tepat untuk kamu.

Berikut ini adalah 5 hal yang dapat kamu lakukan saat staycation, antara lain:

1. Mempelajari Keterampilan Baru

Staycation Belajar Keterampilan Baru
Staycation Belajar Keterampilan Baru

Banyak hal yang bisa kamu lakukan saat melakukan staycation, misalnya mempelajari suatu keterampilan baru. Kamu bisa memilih keterampilan dari yang paling kamu sukai, misalnya berkebun, memelihara ikan ataupun mempelajari cara membuat furniture sederhana. Pelajari dengan benar keterampilan baru tersebut.

Saat ini keterampilan yang dikuasai oleh seseorang juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Yang penting, tetapkan tujuan kamu dan luangkan waktu untuk dapat mengasah keterampilan barumu.

2. Tinggal Di Hotel Yang Ada Di Kotamu

Staycation Di Hotel Di Kotamu
Staycation Di Hotel Di Kotamu

Pasti semua akan setuju jika tinggal di hotel memberikan rasa yang nyaman. Dengan pelayanan yang diberikan oleh hotel, kamar yang bersih, sarapan prasmanan yang enak, menikmati mandi di kamar mandi yang bagus, ataupun menghabiskan waktu di kolam renang hotel membuat kita menjadi selalu ingin kembali menginap lagi di sebuah hotel.

Kamu bisa staycation di hotel yang berada di kota kamu dan menikmati semua kenyamanan serta fasilitas yang diberikan oleh hotel tersebut.

3. Mengunjungi Tempat Wisata di Kotamu

Staycation Mengunjungi Tempat Wisata Di Kotamu
Staycation Mengunjungi Tempat Wisata Di Kotamu

Salah satu kegiatan staycation yang bisa kamu lakukan adalah menjadi turis di kotamu sendiri. Kamu mungkin sudah tinggal bertahun-tahun di kotamu. Tetapi yakinkah kamu jika sudah mengunjungi semua tempat wisata yang ada dikotamu?

Banyak orang yang senang berpergian ke luar kota, mengunjungi tempat wisata di kota lain dan menjadi turis di kota tersebut. Ketika kita menjadi turis, kita merasa banyak hal yang menarik ketika berkunjung ke suatu tempat.

Oleh sebab itu, cobalah menganggap kamu sebagai turis yang sedang menjelajah di kotamu sendiri. Pasti kamu akan mendapatkan banyak hal yang baru yang belum pernah kamu dapatkan. Apalagi ketika mengunjungi tempat-tempat wisata yang belum pernah kamu kunjungi di kotamu.

4. Berkemah di Rumah

Staycation berkemah Di Rumah
Staycation berkemah Di Rumah

Terkadang ada rasa ingin berpetualang di alam bebas. Tenang saja, kamu bisa lakukan itu juga di rumah. Buka kemahmu, dan taruh di taman ataupun bagian lain di halaman rumahmu. Rasakan pengalaman berkemah dengan memasak di atas kompor di luar kemah.

Siapkan bantal dan lampu. Bercengkerama bersama keluarga di dalam kemah dan nikmati keindahan alam dengan memandang langit yang penuh bintang.

5. Berpetualang Menyusuri Jalan Di Kotamu

Staycation Menyusuri Jalan Di Kotamu
Staycation Menyusuri Jalan Di Kotamu

Sudahkah kamu pernah menyusuri seluruh jalan di kotamu? Tentu belum semua jalan pernah kamu susuri. Coba lakukan ini dalam aktivitas staycationmu.

Pilih rute jalan yang belum pernah kamu lalui. Kamu bisa menyusurinya dengan sepeda, sepeda motor ataupun mobil. Mengajak keluarga atau teman untuk bersama-sama menyusuri jalan-jalan baru akan sangat menyenangkan.

Dengan menyusuri jalan-jalan baru, kamu akan dibawa ke tempat-tempat baru. Banyak hal yang bisa didapatkan, misalnya saja inspirasi baru

Jadi Tunggu Apalagi, Segera Buat Rencana Staycationmu

Staycation bisa menjadi pelarianmu sejenak dari kepenatan rutinitas. Kamu bisa memilih dari 5 hal yang dapat kamu lakukan saat staycation. Jadi tunggu apa lagi, segera atur rencana untuk melakukan staycation dengan segera dan timbulkan semangat baru setelah staycation.

17 Comments

17 Comments

  1. Avatar

    Meykke Santoso

    December 16, 2020 at 5:49 pm

    makasih mba ide kegiatan saat staycationnya. Aku dan keluarga juga suka banget staycation dan biasanya cari yang sekalian sama tempat wisatanya biar bisa berwisata dan quality time bersama keluargaaa

  2. Avatar

    Ria Nugros

    December 16, 2020 at 8:51 pm

    wah makasih idenya, saya jadi kepikiran liburan ini mau kemah dalam rumah sama anak-anak. Kalau yang lain kayaknya saya belum bisa keluar rumah 😀

  3. Avatar

    Triani Retno

    December 17, 2020 at 7:24 am

    Poin kelima itu sering kulakukan sebelum pandemi, Mas. Naik kendaraan umum sampai di satu titik, lalu jalan kaki ke mana kepengen. Selalu ada hal menarik yang kutemukan dari kegiatan ini. Biasanya sendirian. Bukan sekadar karena me time tapi jarang ada temen yang betah berjalan kaki lama-lama di bawah panas matahari dan debu jalanan 😀

    Sekarang kangen luar biasa pengen melakukan hal ini lagi. Sayangnya, kotaku sedang zona merah dan hitam 🙁

  4. Avatar

    Dwi Puspita

    December 17, 2020 at 1:00 pm

    Jujur nih kangen banget memang sama yang namanya staycation, btw menyusuri jalanan pun oke juga ya daripada cuma bengong dirumah

  5. Avatar

    Hani

    December 17, 2020 at 1:30 pm

    Wah, idenya menarik nih. Pas banget, minggu depan mo cuti, ada libur Natal. Tapi mo staycation di hotel malah mahal euy. Akhir tahun soalnya. Belajar ketrampilan baru aja kalik.
    Masak, bikin roti…Mudah-mudahan sukses…Haha…

  6. Avatar

    Afifah Haq

    December 17, 2020 at 2:15 pm

    Camping di rumah seru juga yaa. Jadi ada ide nih buat tahun baru nanti. Ga usah kemana2, apalagi corona masih merajjalela. hmm kebayang serunya bakal gimana nanti.

  7. Avatar

    Wiwin | pratiwanggini.net

    December 17, 2020 at 3:20 pm

    Iya yaaa.. kenapa tidak memanfaatkan staycation aja daripada mikirin kapan bisa jalan-jalan ke luar kota 😀 . Jujur aja saya kurang update dengan situasi dan kondisi kota sendiri. Selama ini kalo ga jauh sekalian malah enggak jalan-jalan. Huhuhu…

  8. Avatar

    Santi suhermina

    December 17, 2020 at 3:23 pm

    Betul nih. Kemarin aku kayaknya lebih sering wisata ke luar daerah. Eh, abis pandemi wisatanya ke kota sdr aja yg deket2. Belum berani pergi jauh. Ternyata di kota sdr banyak lho yg belum kita eksplore

  9. Avatar

    Hendra Suhendra

    December 17, 2020 at 7:03 pm

    Kalau tujuan staycation ke daerah, biasanya banyak aktivitas baru yang belum pernah ditemui, seperti mungkin saja berkebun atau memelihara ikan.

    Berkemah di rumah sepertinya seru dilakukan ya, apalagi kalau ada anak kecil, pasti anak semakin betah di rumah saja.

    Kalau saya staycation bareng anak-anak, rasanya malas ke mana-mana, maunya selonjoran di kamar ber-AC sambil main hape. Mungkin tergantung dari tujuan staycation-nya kali ya. Soalnya saya selalu staycation di Jakarta, jadi mau keluar hotel malas.

  10. Avatar

    Narasi Nia

    December 17, 2020 at 7:17 pm

    Seru deh sepertinya menghabiskan waktu akhir tahun dengan staycation. Lumayan gak ribet dan keluar uang banyak hahaha

  11. Avatar

    Dani Ristyawati

    December 17, 2020 at 8:43 pm

    Hihihi aku biasanya main kemah-kemahan sama anak-anak di rumah lumayan buat ganti suasana dan bikin mereka kmbali ceria juga di masa pandemi ini

  12. Avatar

    karyati niken

    December 17, 2020 at 8:48 pm

    catet….bentar lagi kita mau staycation. semoga semua tips nya bisa bermanfaat.

  13. Avatar

    Yanti Ani

    December 17, 2020 at 8:48 pm

    Nah, yang ketiga ini nih seru kali ya untuk coba, keliling wisata ala backpackeran di kota sendiri. Jujur deh sudah sekian tahun tinggal di kota Medan, masih banyak yang belum dikunjungi.

  14. Avatar

    Rini Novita Sari

    December 17, 2020 at 11:27 pm

    staycation ini cara liburan dan refreshing singkat yang menyenangkan, dlu beberapa kali mlipir ke hotel buat refreshing aja

    skrg masa pandemi ini gak pernah staycation blasss akunya mahhh,, belum berani, hiksss

  15. Avatar

    Adriana Dian

    December 17, 2020 at 11:52 pm

    wuahahaha lucu banget nih ide berkemah dirumah, nanti mau cobain aaah.. anak anak pasti sukaaaa. makasi sharingnyaaa

  16. Avatar

    Dian

    December 18, 2020 at 9:20 am

    seru juga ya staycation dgn bikin kemah di rumah
    bisa jadi sarana bonding juga sama keluarga
    trs pastinya lebih hemat dan aman, masih pandemi soalnya
    hehe

  17. Avatar

    Rudi G. Aswan

    December 19, 2020 at 9:27 pm

    Aku paling senang kalau staycation ya cobaik kuliner, Mas. Atu kunjungi sudut kota yang belum terjelajahi. Banyak hal yang menyenangkan sih buat dicoba. Yang penting tetap semangat baru walau kondisi belum sepenuhnya kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup