Connect with us
tahun masehi

Lifestyle

Mengenal Tahun Masehi

Tahun Masehi adalah sistem penanggalan yang digunakan secara luas saat ini. Tahun Masehi dimulai dari tahun 1, sebagai tahun pertama setelah kelahiran Yesus Kristus diperkirakan. Ini digunakan secara luas di seluruh dunia untuk menentukan tanggal dalam sejarah, dokumen resmi, dan perjanjian perdagangan.

Apa itu Tahun Masehi

Tahun masehi adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh mayoritas negara di dunia. Sistem ini didasarkan pada kalender Gregorian yang dikembangkan oleh Papa Gregorius XIII pada tahun 1582. Dalam sistem ini, satu tahun masehi terdiri dari 365 hari atau 365 hari 5 jam 48 menit 45 detik (dalam tahun normal) dan 366 hari (dalam tahun kabisat).

Dalam satu tahun masehi, terdapat 12 bulan. Masing-masing bulan memiliki jumlah hari yang berbeda-beda. Bulan Januari dan Maret memiliki 31 hari, bulan April, Juni, September, dan November memiliki 30 hari, sementara bulan Februari memiliki 28 hari dalam tahun normal dan 29 hari dalam tahun kabisat. Sedangkan bulan Mei, Juli, Agustus, Oktober, dan Desember memiliki 31 hari.

Jumlah hari dalam setiap bulan tersebut ditentukan berdasarkan perputaran Bumi mengelilingi Matahari. Satu putaran Bumi mengelilingi Matahari dalam waktu 365 hari 5 jam 48 menit 45 detik. Namun, karena kalender Gregorian tidak sesuai dengan perputaran Bumi, ditambahkan hari tambahan pada bulan Februari dalam tahun kabisat. Dengan demikian, jumlah hari dalam setiap bulan dalam tahun masehi dapat dihitung dengan jelas dan sesuai dengan perputaran Bumi.

Sejarah Lahirnya Tahun Masehi

  1. Tahun masehi atau Anno Domini (AD) adalah sistem penanggalan yang digunakan sebagian besar dunia saat ini. Ini mengikuti sistem penanggalan yang dikembangkan oleh pemikir Kristen abad ke-6, Dionysius Exiguus.
  2. Dionysius Exiguus lahir di Scythia Minor, yang sekarang merupakan bagian dari Romania. Dia adalah seorang monk yang diangkat menjadi abad dari abad ke-6. Dia juga dikenal sebagai penulis dan pengkaji Alkitab.
  3. Pada abad ke-6, Gereja Kristen mengalami konflik internal mengenai tanggal perayaan hari raya Kristen. Dionysius Exiguus ditugaskan untuk menyusun kalender baru yang menentukan tanggal-tanggal penting dalam agama Kristen.
  4. Dalam proses ini, Dionysius Exiguus mengembangkan sistem penanggalan baru yang disebut Anno Domini (AD). Ini berarti “Tahun Tuhan” dan mengacu pada tahun kelahiran Yesus Kristus.
  5. Sebelumnya, sistem penanggalan yang digunakan oleh Gereja Kristen adalah Anno Diocletiani (AD), yang mengacu pada tahun kekuasaan Kaisar Diocletian. Namun, Dionysius Exiguus menganggap sistem ini tidak sesuai dengan agama Kristen dan memutuskan untuk mengembangkan sistem baru.
  6. Sistem penanggalan baru ini pertama kali digunakan pada tahun 525 AD dan dengan cepat menyebar ke seluruh Eropa. Beberapa saat kemudian, sistem ini menjadi standar untuk penanggalan di seluruh dunia.
  7. Meskipun sistem penanggalan Anno Domini telah digunakan selama lebih dari 15 abad, masih ada kritik terhadap sistem ini. Beberapa orang menganggap bahwa sistem ini mengabaikan sejarah budaya dan agama yang berbeda dari Kristianitas dan mengutamakan pandangan Kristiani. Namun, sistem ini tetap digunakan secara luas dan menjadi standar dunia saat ini.

Pro dan Kontra Tahun Masehi

Pro dari berlakunya tahun masehi adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, tahun masehi memberikan standar waktu yang sama untuk semua orang di seluruh dunia. Ini membuat perencanaan dan koordinasi acara atau kegiatan internasional menjadi lebih mudah dan efisien.
  2. Kedua, tahun masehi juga memudahkan dalam hal perdagangan dan bisnis. Dengan standar waktu yang sama, perusahaan dapat merencanakan dan melaksanakan kegiatan bisnis dengan lebih baik, mengurangi kesalahan dalam pengiriman barang atau pembayaran.
  3. Ketiga, tahun masehi juga membuat ilmu pengetahuan dan teknologi lebih maju. Dengan standar waktu yang sama, ilmuwan dan peneliti dapat melakukan penelitian dan pengembangan dengan lebih efisien dan efektif.

Namun, ada juga beberapa kontra dari berlakunya tahun masehi, yaitu:

  1. Pertama, tahun masehi dapat menyebabkan konflik dengan tradisi dan kebiasaan lokal di beberapa negara atau budaya. Misalnya, tahun masehi dapat menyebabkan konflik dengan kalender agama atau tradisi lokal.
  2. Kedua, tahun masehi juga dapat menyebabkan kesulitan dalam mengadaptasi diri ke standar waktu yang sama. Misalnya, beberapa negara di belahan bumi utara mungkin mengalami kesulitan untuk mengadaptasi diri ke standar waktu yang sama dengan negara di belahan bumi selatan.
  3. Ketiga, tahun masehi juga dapat menyebabkan masalah dalam perdagangan dan bisnis. Misalnya, beberapa perusahaan dapat mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan standar waktu yang sama, yang dapat menyebabkan kesalahan dalam pengiriman barang atau pembayaran.

Siapa yang Menggunakan Tahun Masehi

  1. Dalam dunia bisnis, para profesional sering menggunakan tahun masehi dalam pencatatan keuangan dan laporan keuangan. Mereka mencatat pemasukan, pengeluaran, dan laba dalam satuan tahun masehi, sehingga mudah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dan membuat prediksi untuk tahun-tahun mendatang.
  2. Dalam dunia akademis, para mahasiswa dan dosen sering menggunakan tahun masehi dalam mencatat tanggal kelulusan, tanggal ujian, dan tanggal penting lainnya. Ini membuatnya mudah untuk mengetahui berapa lama seseorang telah belajar atau bekerja di suatu institusi dan membandingkannya dengan orang lain.
  3. Dalam dunia politik, para politisi dan aktivis sering menggunakan tahun masehi dalam mencatat peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah negara mereka. Ini membuatnya mudah untuk mengetahui kapan suatu peristiwa terjadi dan membandingkannya dengan peristiwa-peristiwa lain yang terjadi pada saat yang sama.
  4. Dalam dunia hiburan, para artis dan produser sering menggunakan tahun masehi dalam mencatat tanggal perilisan film, album, dan acara-acara penting lainnya. Ini membuatnya mudah untuk mengetahui kapan suatu produk atau acara telah dirilis dan membandingkannya dengan produk atau acara lain yang dirilis pada saat yang sama.
  5. Dalam dunia sosial, para individu sering menggunakan tahun masehi dalam mencatat tanggal-tanggal penting dalam hidup mereka, seperti tanggal lahir, tanggal pernikahan, dan tanggal-tanggal lain yang penting bagi mereka. Ini membuatnya mudah untuk mengetahui berapa lama seseorang telah hidup dan membandingkannya dengan orang lain.

Tahun Masehi Saat Ini

Pada tahun 2020 ini, dunia sedang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Pandemi COVID-19 yang melanda dunia telah menyebabkan perubahan besar dalam cara hidup dan bekerja. Banyak negara yang harus menutup sekolah dan perusahaan untuk mencegah penyebaran virus, yang menyebabkan banyak orang kehilangan pekerjaan dan mengalami kesulitan ekonomi. Selain itu, pandemi ini juga menyebabkan perubahan dalam cara orang berinteraksi satu sama lain, dengan lebih banyak orang yang bekerja dari rumah dan menghindari kerumunan.

Di sisi lain, teknologi dan inovasi juga terus berkembang pada tahun ini. Kemajuan dalam teknologi 5G dan internet of things (IoT) telah memungkinkan perusahaan dan individu untuk lebih efisien dan produktif dalam bekerja dari rumah. Selain itu, pengembangan teknologi kendaraan tanpa awak (AV) dan robotik juga terus berlanjut, yang diharapkan akan membantu meringankan beban kerja manusia dan meningkatkan efisiensi di berbagai bidang.

Secara umum, tahun 2020 ini menunjukkan bahwa dunia terus berubah dan beradaptasi dengan situasi yang tidak terduga. Meskipun pandemi COVID-19 telah menyebabkan banyak masalah dan kesulitan, dunia juga telah menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dan menemukan solusi baru untuk masalah yang dihadapi. Kemajuan teknologi dan inovasi juga terus menyediakan peluang baru untuk meningkatkan kualitas hidup dan pengembangan bisnis.

Apakah Akan Ada Perubahan Pada Tahun Masehi?

Tahun masehi merupakan satuan waktu yang digunakan dalam kalender Gregorian, yang merupakan kalender resmi di seluruh dunia. Setiap tahun masehi memiliki 365 hari atau 366 hari (pada tahun kabisat). Namun, ada beberapa perubahan yang akan terjadi pada tahun masehi di masa depan.

Pertama, adalah perubahan jumlah hari dalam setahun. Saat ini, kalender Gregorian menganggap setiap tahun kabisat memiliki 366 hari. Namun, para ilmuwan menyatakan bahwa jumlah hari dalam setahun bisa berubah dari waktu ke waktu, karena perubahan gravitasi bumi. Hal ini akan berdampak pada penentuan tanggal libur nasional dan perayaan-perayaan lainnya.

Kedua, adalah perubahan pada kalender itu sendiri. Beberapa negara dan organisasi sedang mengevaluasi kemungkinan untuk mengganti kalender Gregorian dengan kalender lain, yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan budaya mereka. Hal ini dapat menyebabkan perbedaan tanggal antara negara-negara yang menggunakan kalender yang berbeda. Namun, perubahan ini masih dalam tahap diskusi dan belum ditentukan pasti akan dilakukan atau tidak.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kutu loncat dalam karir Kutu loncat dalam karir

Kutu Loncat dalam Karir

Lifestyle

pengertian filantropi pengertian filantropi

Pengertian Filantropi dan Prakteknya Pada Kehidupan Sehari-hari

Lifestyle

KDRT keluarga Lesti Billar KDRT keluarga Lesti Billar

Memetik Pelajaran dari Kasus KDRT Keluarga Lesti Billar

Lifestyle

4 Ide Dekor Ulang Kamar Mandi 4 Ide Dekor Ulang Kamar Mandi

Ide Dekorasi Ulang Kamar Mandi di Rumah Agar Tampak Lebih Kekinian

Lifestyle

Menghemat Listrik Menghemat Listrik

Cara Menghemat Energi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Lifestyle

Fundraiser adalah Fundraiser adalah

Fundraiser Adalah: Pengertian dan Kegiatannya

Lifestyle

wanita dan literasi wanita dan literasi

Wanita dan Literasi

Lifestyle

menggendong bayi menggendong bayi

Jenis-Jenis Bahan Kain Yang Nyaman Untuk Menggendong Bayi

Lifestyle

Belanja Kebutuhan Sehari-Hari Belanja Kebutuhan Sehari-Hari

Menilik Mudahnya Belanja Kebutuhan Sehari-Hari di Masa Pandemi Secara Online

Lifestyle

memasang-ac memasang-ac

4 Tips Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang AC di Rumah

Lifestyle

memiliki asuransi memiliki asuransi

Jalani Hidup Lebih Terjamin Dengan Memiliki Asuransi

Lifestyle

hari raya haji hari raya haji

Celebrating Hari Raya Haji or Festival of Sacrifice in Singapore

Lifestyle

pekerjaan dari internet pekerjaan dari internet

3 Pekerjaan Dari Internet Di Masa Pandemi

Lifestyle

warna mawar warna mawar

5 Makna Warna Mawar Yang Harus Kamu Ketahui

Lifestyle

tips mencari kerja tips mencari kerja

Tips Mencari Kerja Di Tahun 2021

Lifestyle

yang bisa dilakukan selama bulan ramadhan yang bisa dilakukan selama bulan ramadhan

Hal Positif Yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan bagi Non Muslim

Lifestyle

Peduli Korban Gempa di Sulawesi Barat Peduli Korban Gempa di Sulawesi Barat

Peduli Korban Gempa di Sulawesi Barat

Lifestyle

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Lifestyle

Keuntungan Membeli Kacamata SATURDAYS Secara Online Keuntungan Membeli Kacamata SATURDAYS Secara Online

Review Keuntungan Membeli Kacamata SATURDAYS Secara Online

Lifestyle

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup