Connect with us

Kesehatan

3 Tips Membersihkan Peralatan Bayi

tips membersihkan peralatan bayi

Saatnya buka semangat baru. Kali ini kita akan membahas mengenai tips membersihkan peralatan bayi.

Bayi yang Rentan

Bagi anda yang sudah pernah merawat bayi tentu sangat paham mengapa harus selalu membersihkan peralatan bayi seperti perangkat makan maupun mainan. Namun buat anda yang belum memiliki bayi, artikel ini akan memberikan pengetahuan ringkas mengenai perawatan bayi.

Ketika pada usia bayi, seorang manusia masih akan sangat rentan untuk terinfeksi oleh bakteri maupun virus. Oleh sebab itu lingkungan bayi sangat dijaga. Mulai dari perawatan baju yang dikenakan oleh bayi hingga peralatan yang digunakan.

Semua itu dilakukan agar bayi dapat terhindar dari sakit penyakit hingga bertumbuh dalam kondisi yang normal dan sehat.

Pandemi Covid 19

Peralatan bayi perlu untuk selalu dibersihkan agar dapat terhindar dari jamur serta virus. Kita ketahui bersama bahwa saat ini kita sedang menghadapi pandemi yang disebabkan oleh virus Covid 19. Apalagi bayi termasuk dalam kelompok yang rentan karena mempunyai imunitas yang rendah. Meskipun vaksin Corona saat ini sudah dikembangkan dan mulai didistribusikan, namun penyebaran virus ini masih dipandang berbahaya.

Oleh sebab itu, selain mencuci tangan perlu juga diperhatikan terhadap semua peralatan bayi yang bersentuhan langsung dengan mulut bayi seperti dot, botol, dan mainan.

Selain potensi infeksi Covid 19, peralatan bayi yang tidak terjaga dan tercemar bakteri, jamur, maupun virus dapat membahayakan kesehatan dan pencernaan bayi.

Jika peralatan bayi sudah terkontaminasi oleh jamur dan menyentuh mulut bayi, maka pada rongga mulut bayi berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan jamur tersebut. Salah satu indikasi perkembangbiakan jamur dalam rongga mulut adalah adanya gejala sariawan pada bayi.

3 Tips Membersihkan Peralatan Bayi

Berikut ini adalah 3 tips membersihkan peralatan bayi, antara lain:

  1. Cuci di Bawah Air yang Mengalir
    Cuci setiap peralatan yang digunakan oleh bayi di bawah air mengalir. Air mengalir akan membantu mendorong baik kotoran, virus, bakteri, maupun jamur yang menempel pada peralatan bayi tersebut. Selain itu air mengalir akan selalu baru dan lebih bersih jika dibandingkan dengan menggunakan air yang tidak mengalir.

  2. Menggunakan Sabun Yang Mengandung Zat Aktif
    Pilih sabun untuk mencuci peralatan bayi yang sudah mengandung zat aktif. Zat aktif berguna untuk membunuh segala kuman, bakteri, maupun virus. Untuk mengetahui apakah sabun sudah mengandung zat aktif, anda dapat membacanya di daftar bahan yang ada di dalam sabun tersebut. Selain itu, pada produk sabun untuk mencuci peralatan yang dikhususkan bagi peralatan bayi, biasanya sudah terkandung zak aktif tersebut.

  3. Keringkan Peralatan Bayi Setelah Dicuci
    Setelah peralatan bayi dicuci, segera keringkan peralatan bayi tersebut. Ini dilakukan agar peralatan bayi tersebut dapt terhindar dari bertumbuhnya jamur. Jamur dengan mudah berkembang biak di tempat yang lembab.

Menerapkan Perilaku Hidup Sehat

Selain menjalankan tips membersihkan peralatan bayi, untuk tetap menjaga kesehatan bayi perlu diterapkan perilaku hidup sehat sejak dini. Misalnya dengan mengajak bayi berjalan di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari, serta selalu memberikan buah dan makanan bergizi kepada bayi.

Demikian informasi mengenai 3 tips membersihkan peralatan bayi, semoga tips ini berguna bagi anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

gaya hidup aktif gaya hidup aktif

Mulai Gaya Hidup Aktif Dengan Melakukan Hal-Hal Ini!

Kesehatan

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Jadi Tahu Tentang Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Dari SehatQ.com

Kesehatan

alat pendengar telinga alat pendengar telinga

Panduan Untuk Memilih Alat Pendengar Telinga

Kesehatan

Susu Organik Susu Organik

5 Alasan Banyak Orang Tua Lebih Memilih Susu Organik untuk Buah Hati Mereka

Kesehatan

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup