Connect with us

Kesehatan

Jadi Tahu Tentang Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Dari SehatQ.com

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Saatnya buka semangat baru. Pada saat saya kelas 4 SD, ketika menunggu datangnya angkutan kota di pinggir jalan, saya melihat seorang bapak-bapak pengendara sepeda yang tertabrak motor. Dari mulut dan hidungnya mengeluarkan darah. Saat itu saya melihatnya dan di dalam mulut saya ada sebutir permen. Semenjak saat itu, saya selalu merasa mual setiap mencoba memakan permen dengan merek tersebut. Dari sehatQ.com baru saya tahu jika keadaan tersebut dinamakan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Apa Itu Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Post Traumatic Stress Disorder (PSTD) adalah keadaan dimana seseorang mengalami trauma ketika menghadapi sesuatu yang tidak mereka harapkan.

Dari sehatQ.com dipaparkan beberapa penyebab PSTD, antara lain:

  • Melihat kejadian traumatis yang dialami oleh orang lain.
  • Melihat peristiwa yang menimbulkan dampak traumatis.
  • Mendapatkan pemaparan secara terus-menerus dan berulang tentang kejadian traumatis dari berbagai media seperti internet, televisi, dan lain sebagainya.
  • Mengetahui adanya anggota keluarga atau teman dekat yang mengalami kejadian yang menimbulkan efek traumatis.

Dari beberapa penyebab ini, maka benar adanya bahwa kejadian yang menimpa saya dan terbawa sesudahnya merupakan PTSD.

Selama beberapa tahun, saya selalu mual untuk makan permen dengan rasa dan merek yang sama dengan yang saya makan pada saat kejadian itu. Padahal sama sekali dalam pikiran saya tidak pernah terlintas lagi kejadian yang berlangsung beberapa tahun lamanya itu. Tetapi perut saya selalu mual. Kejadian ini berlangsung selama kurang lebih 3 tahun.

Cara Mengobati Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Dari situs sehatQ.com, ada 2 cara untuk dapat mengobati PTSD, antara lain:

  1. Psikoterapi
    Cara yang pertama untuk mengobati PTSD adalah dengan melakukan terapi. Jika kamu mengalami PTSD, kamu bisa melakukan terapi. Beberapa terapi yang dilakukan antara lain terapi perilaku kognitif, terapi pemaparan, hingga melakukan terapi mata. Beberapa terapi ini mampu mengurangi hingga menghilangkan PTSD.

  2. Medikasi
    Cara yang kedua adalah dengan melakukan medikasi atau pengobatan melalui konsumsi obat-obatan. Beberapa obat yang biasa dipakai untuk penderita PTSD antara lain obat anti kecemasan dan obat anti depresan. Tentunya untuk mendapatkan obat ini tidak bisa dengan sembarangan. kamu bisa mendapatkannya dari resep dokter, khususnya dari dokter spesialis jiwa atau psikiater.

Meski demikian, sebenarnya PTSD dapat berangsur hilang sendiri seiring dengan waktu. Hal ini seperti yang terjadi pada saya. Mungkin kebetulan PTSD yang saya derita masih dalam tahapan rendah, sehingga dapat hilang seiring dengan waktu. Tetapi jika trauma yang dialami cukup berat sehingga mengganggu aktivitas keseharian maka lebih baik melakukan terapi atau mengunjungi dokter untuk diagnosa lebih lanjut.

Dapatkan Berbagai Informasi Penyakit Di SehatQ.com

Selain PTSD, saya juga ternyata mendapatkan berbagai info Penyakit dari website sehatQ.com. Informasi mengenai penyakit yang diberikan sangat lengkap, kita bisa mencari berbagai penyakit melalui halaman direktori tentang informasi berbagai penyakit.

Tidak hanya informasi mengenai definisi penyakit saja yang dipaparkan, tetapi juga hingga informasi mengenai penyebab hingga bagaimana cara pengobatannya.

Semua informasi tentang penyakit yang ada di website sehatQ.com dituliskan oleh penulis yang memang berkompeten di bidang kesehatan.

Selain itu, website sehatQ.com juga memberikan saluran untuk bisa bertanya dengan dokter, tentu ini salah satu fitur yang diperlukan oleh pengunjung jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.

Jadi, menurut saya website ini cocok buat kamu yang ingin mendapatkan informasi mengenai kesehatan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

gaya hidup aktif gaya hidup aktif

Mulai Gaya Hidup Aktif Dengan Melakukan Hal-Hal Ini!

Kesehatan

tips membersihkan peralatan bayi tips membersihkan peralatan bayi

3 Tips Membersihkan Peralatan Bayi

Kesehatan

alat pendengar telinga alat pendengar telinga

Panduan Untuk Memilih Alat Pendengar Telinga

Kesehatan

Susu Organik Susu Organik

5 Alasan Banyak Orang Tua Lebih Memilih Susu Organik untuk Buah Hati Mereka

Kesehatan

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup