Connect with us

Kesehatan

Cara Mudah Belajar Berenang Untuk Segala Usia

belajar berenang

Berenang merupakan aktivitas fisik yang memiliki banyak manfaat. Sayangnya diperlukan teknik dan proses belajar untuk dapat melakukan aktivitas ini. Umumnya, usia anak adalah saat untuk belajar berenang. Jika sudah lewat, tidak perlu kuatir. Ikuti saja langkah berikut agar Kamu cepat mahir.

6 langkah dalam belajar berenang

1. Berlatih Mengambang

Mengambang merupakan teknik dasar dalam belajar berenang. Biasakan diri Kamu mengambang dengan berpegangan pada pinggir kolam renang. Cara ini akan efektif jika Kamu melakukan di kolam yang dalam. Kaki Kamu terbiasa secara otomatis terangkat dan mengambang bukan mencari pijakan.

Perlahan dan pasti, coba lepas tangan Kamu dari memegang pinggir kolam. Ketika mengambang tubuh Kamu akan berada di antara permukaan air. Pertama-tama Kamu bisa belajar dengan posisi wajah menghadap ke air. Setelah itu belajar mengambang dengan posisi wajah menghadap ke langit.

2. Berlatih Menggerakkan Kaki

Gerakan kaki dibutuhkan agar Kamu dapat berpindah ketika belajar berenang. Berbagai macam gerakan kaki bisa Kamu gunakan ketika berenang. Saat belajar, Kamu bisa menggerakkan betis kaki Kamu ke atas dan ke bawah secara bergantian. Mulai dengan pelan dan tingkatkan kecepatan.

Jika sudah mahir dan terbiasa, Kamu bisa belajar gerakan menendang seperti ketika katak melompat. Saat melatih kaki, fokuslah pada daya tahan kaki bergerak bukan pada kecepatan. Kecepatan bisa dilatih lagi nanti ketika sudah mahir. Kamu masih boleh berpegangan pada sesuatu saat berlatih.

3. Atur Pernafasan dan Biasakan Bernafas Lewat Mulut

Cobalah untuk keluar dan masuk air untuk mengatur pernafasan. Hal ini bisa Kamu lakukan di kolam yang dangkal. Pertama hirup udara lalu masuk ke dalam air untuk beberapa detik. Buang nafas dalam air melalui mulut perlahan. Segera kembali ke permukaan dan hirup udara sebanyak mungkin.

Ulangi cara tersebut hingga Kamu merasa biasa. Bernafas lewat mulut memungkinkan lebih banyak udara yang terhirup. Hal ini juga mencegah air masuk ke pernafasan, jika Kamu membuang nafas lewat hidung dalam air. Cara mengatur nafas merupakan hal krusial ketika belajar berenang.

4. Berlatih Menggerakkan Tangan

Ketika kaki dan nafas sudah terlatih, kini saatnya Kamu belajar menggerakkan tangan. Hal ini berarti Kamu sudah tidak akan berpegangan pada apa pun lagi. Jika Kamu masih belum yakin untuk berlatih di kolam yang dalam, Kamu bisa berlatih menggerakkan tangan di kolam yang dangkal.

Gaya yang paling dasar adalah dengan memukulkan tangan Kamu ke arah depan satu per satu seperti sedang meraih sesuatu. Sembari menggerakkan tangan kepala Kamu juga akan menoleh. Coba sambil mengambang dan menggerakkan kaki. Gaya ini disebut gaya renang dada atau crawl.

5. Berlatih Mengambang Vertikal

Untuk mengambang secara vertikal, Kamu harus dalam posisi berdiri bukan tidur. Untuk menjaga agar kepala Kamu tetap di atas air, kaki dan tangan Kamu harus digerakkan. Gerakan ujung kaki Kamu ke depan dan ke belakang secara stabil dan gunakan tangan Kamu sebagai penyeimbang.

Jenis gerakan ini benar-benar membutuhkan ketenangan. Jangan panik jika seandainya Kamu tenggelam atau berubah posisi. Kembali angkat kepala Kamu dan turunkan ke arah dasar lalu ulangi teknik di atas.

6. Berlatih Mengepakkan Tangan Untuk Mengangkat Tubuh

Setelah melompat ke dalam air yang dalam, tubuh secara otomatis akan terangkat ke atas permukaan. Untuk mempercepat prosesnya, belajarlah mengepakkan kedua tangan secara bersamaan dari atas kepala Kamu. Secara perlahan, sambil menekan air agar tubuh terangkat.

Tangan bisa berakhir sejajar dengan paha. Lalu ulangi gerakan ini hingga tubuh mencapai permukaan. Satu kepakan biasanya akan mengangkat tubuh beberapa meter dari posisi semula. Kaki Kamu bisa ikut menendang atau pun diam. Dongakkan kepala dan arah pandangan ke permukaan.

Tips Agar Cepat Mahir Berenang

Yang utama dalam belajar berenang adalah mengatasi perasaan takut. Air yang dalam, kram tiba-tiba, sulit bernafas dan lainnya adalah hal yang paling menghantui. Untuk mengatasinya cobalah dari kolam yang tidak terlalu dalam bagi tubuh Kamu. Cari teman atau malah pelatih. Jangan belajar berenang sendirian.

Ukur suhu air dan makan sebelum belajar berenang. Air dingin dan perut kosong adalah penyebab kram yang paling sering. Usahakan belajar di kolam bukan sungai atau tempat yang ada alirannya. Cobalah untuk mencari solusi terhadap rasa takut apa pun ketika akan belajar berenang.

Tips lain adalah gunakan baju dan peralatan renang yang sesuai. Pakaian dengan massa berat akan menghambat pergerakan Kamu dalam air. Kamu juga akan jadi cepat lelah. Kacamata pelindung, fin renang dan penutup hidung akan memudahkan Kamu ketika berlatih.

Kegiatan berenang sangat baik bagi kesehatan Kita. Dengan menerapkan tips & mempraktekkan cara di atas belajar berenang akan jadi mudah bagi semua usia. Tidak ada kata terlambat selagi Kamu ingin berusaha. Selamat mencoba dan tetap perhatikan keselamatan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menulis Sebagai Terapi Kesehatan Menulis Sebagai Terapi Kesehatan

Manfaat Menulis Sebagai Terapi Kesehatan Mental dan Fisik

Kesehatan

kata-kata motivasi penyemangat kata-kata motivasi penyemangat

11 Kata-Kata Motivasi Penyemangat Untuk Mengubah Lelah Menjadi Semangat

Kesehatan

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup