Connect with us

Kesehatan

Tulang Sehat, Tua Bahagia

tua-bahagia

Tulang atau kerangka merupakan faktor penting dalam tubuh manusia. Tanpa adanya tulang maka kita manusia tidak akan bisa berdiri dengan tegak. Demikian pula jika terjadi sesuatu dengan sedikit saja dari bagian tulang kita maka posisi tubuh kita pasti akan berbeda dari kebanyakan manusia yang lain. Saya yakin, anda seperti saya juga, pasti sering melihat beberapa manusia di usia senja yang sudah tidak dapat lagi berdiri dan berjalan dengan tegak alias bungkuk. Bahkan kadang mereka yang belum mencapai usia senja pun ada yang sudah tidak bisa berdiri dan berjalan tegak. Berbagai hal menjadi penyebab bungkuk pada manusia diantaranya karena kebiasaan dan pola hidup yang salah hingga adanya defisiansi vitamin dan kalsium. Bungkuk atau kifosis hanya merupakan salah satu penyakit dari tulang.

Fungsi Tulang Bagi Manusia

Yuk, kita kenali dulu beberapa fungsi tulang bagi manusia.

  1. Sebagai penunjang dan pemberi bentuk tubuh
    Bisakah anda membayangkan bagaimana manusia tanpa tulang? Tentu sangat mengerikan karena tidak ada yang bisa dilakukan manusia tanpa tulang yang menjadi pusat penunjang dan pemberi bentuk tubuh.

  2. Tempat melekatnya otot dan alat gerak pasif
    Otot bersama tulang menjadi alat penggerak bagi manusia sehingga otot membutuhkan tulang sebagai tempatnya melekatkan diri. Otot dan tulang adalah sebuah kesatuan yang tidak mungkin dipisahkan karena keduanya saling terkait untuk memungkinkan manusia melakukan gerakan. Keterkaitan antara otot dan tulang ini menjadikan tulang sebagai alat gerak pasif.

  3. Melindungi organ manusia yang lebih lunak
    Tulang manusia yang kuat dan keras berfungsi untuk melindungi organ dalam manusia yang lebih lunak. Paru-paru dan jantung adalah contoh organ lunak namun sangat penting bagi manusia yang dilindungi oleh tulang, terutama oleh tulang dada.

  4. Tempat pembentukan sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah
    Sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan sebaliknya mengangkut karbondioksida dari tubuh ke paru-paru. Karena itu, sel darah merah merupakan komponen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Jumlah produksi sel darah merah dalam tubuh haruslah cukup untuk melakukan semua aktivitasnya. Sel darah putih dan keping darah juga sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Ketiga sel darah ini hanya dapat dibentuk di sumsum tulang belakang.

Nah setelah kita mempelajari fungsi tulang bagi kehidupan manusia, tentunya kita menyadari pentinya tulang bagi tubuh kita. Lalu semenjak kapan kita harus menjaga tulang kita? Apa saat kita sudah dewasa? Jangan salah ya kawan, kita harus memulai menjaga kesehatan tulang kita sedini mungkin. Gamau kan kalau masa tuamu nanti bakal menderita karena penyakit tulang yang menggerogoti seperti Kifosis atau Osteoporosis?

Menjaga Kesehatan Tulang

Waduh, apalagi itu osteopororsis? Osteoporosis adalah penyakit tulang dimana tulang berkurang kepadatannya hingga menjadi keropos dan mudah patah. Penderita Osteoporosis biasanya baru menyadari jika mereka menderita penyakit ini ketika tanpa sengaja mengalami cedera yang meyebabkan patah tulang. Osteoporosis biasanya diderita manusia menjelang masa-masa senja tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa menghampiri kalian yang masih diusia lebih muda lho. Kok bisa? Bisa dong, kalau tidak menjaga kesehatan tulang sejak dini maka kalian juga bisa mengalami Osteoporosis. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan tulang. Nih saya bagi sedikit tips menjaga kesehatan tulang yang mungkin bisa anda semua terapkan.

  1. Menjaga berat badan
    Lha? Kok menjaga berat badan? Apa hubungannya? Penasaran? Yuk saya jelaskan. Seperti yang sudah kita bahas diatas sebelumnya, fungsi tulang kita salah satunya adalah menunjang atau menyangga tubuh. Karena tulang bertugas menyangga tubuh kita, maka jika kita menyayangi tulang maka kita pasti harus menjaga berat badan agar kerja tulang tidak terlalu berat. Yuk mulai jaga berat badanmu agar tulang mu juga tetap sehat.

  2. Membiasakan untuk duduk dan berdiri dengan posisi tegak
    Percaya atau tidak, kebiasaan kita dalam memposisikan tubuh mempengaruhi bentuk tulang kita. Jika kita terbiasa untuk bungkuk maka lama kelamaan tulang kita pun akan ikut menjadi bungkuk. Karena itu sedari dini latih diri sendiri dan orang tersayang untuk memposisikan badan dengan benar dan tegak.

  3. Membiasakan diri minum susu
    Susu terkenal akan kandungan kalsiumnya yang tinggi. Kalsium merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Karena itu membiasakan diri untuk meminum susu merupakan kebiasaan yang sangat baik bagi tulang. Bagi anda yang mungkin alergi pada protein susu sapi, anda bisa mencoba susu nabati yang terbuat dari tumbuhan seperti susu kedelai, susu almond, susu beras, dan berbagai susu nabati yang lain.

  4. Olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari
    Olahraga adalah aktivitas menyenangkan yang juga sangat berguna bagi tulang anda. Dengan berolahraga, maka anda dapat mencegah kekeroposan tulang yang mungkin terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Olahraga yang dilakukan di bawah sinar matahari pada pagi hari sangat bermanfaat bagi tulang. Seperti kita ketahui, sinar matahari dapat memicu sintesis vitamin D dimana vitamin D ini sangat baik untuk penyerapan kalsium dan fosfor yang dibutuhkan oleh tulang. Jadi berolahragalah di pagi hari untuk memperkuat tulangmu.

  5. Meminum suplemen tulang
    Suplemen untuk tulang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Terlebih bagi anda yang belum terbiasa makan makanan sehat dan bergizi setiap hari. Ingat ya, makanan mahal, belum tentu memiliki gizi yang tepat untuk tulang anda. Suplemen tulang juga dibutuhkan bagi anda yang jarang beraktivitas dibawah sinar matahari. Pilihlah suplemen yang mengandung kalsium, vitamin D dan C yang cukup untuk tubuh.

Saya sendiri sudah sejak 20 tahun yang lalu mengonsumsi CDR Orange sebagai suplemen tulang saya. Diawali dari kedua orang tua saya yang juga mengonsumsi CDR Orange, maka sejak remaja saya juga mengonsumsi suplemen yang satu ini.

Dengan rasa jeruk yang segar, CDR Orange menjadi pilihan suplemen saya setiap hari hingga kini. CDR orange mengandung tidak hanya kalsium tapi juga vitamin C, D, dan B6. Berbagai kandungan dalam CDR Orange ini sangat baik dikonsumsi tak hanya oleh orang dewasa namun juga untuk remaja yang dalam masa pertumbuhan. Ibu yang sedang hamil maupun yang sedang menyusui sampai pasien yang dalam masa penyembuhan maupun pemulihan dari sakit juga sangat baik jika mengonsumsi CDR Orange ini.

Jadi inget ya kawan, biasakan minum suplemen tulang CDR Orange sedari dini agar tulangmu sehat. Tidak hanya untuk kesehatan tulangmu hari ini tapi juga untuk nanti saat kawan sudah masuk usia senja. Percayalah, Minum CDR Orange, tulang sehat, tuapun pasti bahagia!! Salam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Rutin Minum Susu Manfaat Rutin Minum Susu

5 Manfaat Rutin Minum Susu

Kesehatan

gaya hidup aktif gaya hidup aktif

Mulai Gaya Hidup Aktif Dengan Melakukan Hal-Hal Ini!

Kesehatan

tips membersihkan peralatan bayi tips membersihkan peralatan bayi

3 Tips Membersihkan Peralatan Bayi

Kesehatan

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Jadi Tahu Tentang Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Dari SehatQ.com

Kesehatan

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup