Connect with us

Kesehatan

Amankah Masih Bekerja Pada Masa Hamil 35 Minggu?

Masa Hamil 35 Minggu

Di Indonesia, masa cuti hamil bagi perempuan pekerja diberikan selama 3 bulan dengan rincian 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1.5 bulan sesudah melahirkan. Namun di Indonesia ada kebiasaan untuk mengambil cuti persis pada saat melahirkan, sehingga bisa lebih lama untuk bisa dekat dengan anak yang baru dilahirkan. Masa hamil 35 minggu merupakan trimester terakhir untuk usia kehamilan. Apakah pada masa ini seorang perempuan masih aman untuk melakukan aktivitas bekerja?

Kondisi Pada Masa Hamil 35 Minggu

Pada masa kehamilan 35 minggu, bayi yang ada di dalam perut semakin berkembang. Secara fisik perut sang ibu akan terlihat membesar seiring dengan perkembangan fisik dari ukuran tubuh bayi.

Pada masa ini, rahim ibu akan membesar dan janin akan semakin mengisi rahim tersebut. Jika dibandingkan, ukuran dari janin akan menjadi lebih mengisi dari rahim tersebut daripada air ketuban yang ada di dalam rahim.

Itulah sebabnya pada usia 35 minggu kehamilan, seorang ibu hamil akan sering merasa harus buang air kecil, karena rahim yang semakin membesar tersebut juga mendorong organ-organ lain di dalam tubuh.

Beberapa gejala yang sering dihadapi oleh ibu yang mempunyai kehamilan di usia 35 minggu antara lain:

  1. Sang ibu akan sering mengalami kontraksi ringan.
  2. Kesulitan untuk mengontrol buang air kecil.
  3. Terjadinya ruam-ruam pada kulit.
  4. Beberapa didapati pada usia kehamilan 35 bulan, sang ibu sering mengalami sakit kepala.

Pada usia kehamilan 35 minggu ini, sang ibu harus lebih memperhatikan mengenai asupan nutrisi yang dibutuhkan misalnya saja karbohidrat, zat besi, lemak, kalsium dan vitamin serta mineral lainnya yang penting bagi perkembangan janin.

Bekerja Pada Masa Hamil 35 Minggu

Bekerja Pada Masa Hamil 35 Minggu
Bekerja Pada Masa Hamil 35 Minggu

Bagi perempuan yang bekerja, kehamilan adalah bagian dari salah satu hal yang bisa saja terjadi dalam fase kehidupan yang dilalui. Sementara pekerjaan adalah bagian lain yang juga menjadi tanggung jawab bagi perempuan yang bekerja.

Pada saat menjalani proses kehamilan, sang ibu akan tetap harus fokus pada pekerjaannya dan di sisi lain juga harus memperhatikan kehamilannya. Oleh sebab itu pada proses seleksi lamaran pekerjaan, biasanya akan mempertimbangkan juga pelamar yang dalam kondisi hamil.

Ketika usia kehamilan semakin tinggi, yang dibarengi juga dengan berbagai perubahan baik psikis maupun fisik maka di saat itulah terasa bahwa kehamilan yang dialami akan mengganggu pekerjaan yang harus dijalankan.

Seperti misalnya pada usia kehamilan 35 minggu dengan berbagai perubahan kondisi fisik dan gejala yang telah kita bahas, tentunya membuat seorang perempuan yang sedang hamil tidak bisa optimal dalam pekerjaannya.

Menentukan Waktu Cuti Yang Tepat

Menentukan Waktu Cuti Yang Tepat
Menentukan Waktu Cuti Yang Tepat

Dalam bahasan ini kita tidak membedakan sebarapa banyak atau sedikit pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang perempuan pekerja yang sedang hamil. Namun sebagai gambaran, bahwa memang ada keterbatasan yang ditimbulkan terutama ketika usia kehamilan semakin tua.

Biasanya dari pihak pemberi kerja atau manajemen kantor akan lebih memilih memberikan toleransi yang permisif kepada pekerjanya yang sedang hamil. Salah satunya adalah dengan memberikan pengurangan beban kerja yang harus dikerjakan.

Hal lain yang yang menjadi pilihan adalah mengambil cuti pada masa 1,5 bulan sebelum rencana melahirkan. Ini sebenarnya juga sudah diatur di dalam perundang-undangan di Indonesia. Tetapi di Indonesia, kebanyakan perempuan pekerja malah berusaha untuk mengambil cuti sedekat mungkin dengan masa saat melahirkan supaya bisa lebih lama dekat ataupun menyusui anaknya pada masa pasca kelahiran.

Tentu ini adalah pilihan bebas, meski sebetulnya pada aturannya sudah benar diberikan masa cuti 1,5 bulan sebelum melahirkan namun pada kenyataaanya banyak yang mengambilnya hingga 3 bulan pada masa pasca melahirkan.

Meski hal ini adalah pilihan bebas, namun hendaknya tetap mempertimbangkan bahwa kemampuan fisik serta perkembangan kehamilan yang sedang dihadapi.

Proses Kelahiran Yang Menjadi Tujuan Utamanya

Oleh sebab itu, bagi perempuan pekerja yang sedang dalam proses kehamilan dan memasuki usia kehamilan 35 minggu, penting untuk mempertimbangkan berbagai kondisi yang menyangkut dengan kehamilannya. Tujuan utama dari kehamilan adalah untuk dapat melalui proses kelahiran yang normal dan mendapatkan bayi yang sehat. Sehingga ketika bayi yang sehat sudah lahir, sang ibu bisa kembali dengan motivasi semangat bekerja yang lebih baik.

2 Comments

2 Comments

  1. Untari

    December 30, 2020 at 4:37 pm

    ah iya betul seharusnya sudah cuti kalau masuk 32 minggu kehamilan. jadi ingat dulu perut besar malah masih kerja, hehehe

  2. Karyati Niken

    January 12, 2021 at 8:32 pm

    Anak-anakku mulai minum susu formula setelah usia 2 tahun karena selama 2 tahun full ASI. Kini mereka butuh tambahan nutrisi lain selain dari makanan, yaitu susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

gaya hidup aktif gaya hidup aktif

Mulai Gaya Hidup Aktif Dengan Melakukan Hal-Hal Ini!

Kesehatan

tips membersihkan peralatan bayi tips membersihkan peralatan bayi

3 Tips Membersihkan Peralatan Bayi

Kesehatan

Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Jadi Tahu Tentang Post Traumatic Stress Disorder (PTSD) Dari SehatQ.com

Kesehatan

alat pendengar telinga alat pendengar telinga

Panduan Untuk Memilih Alat Pendengar Telinga

Kesehatan

Newsletter Signup

Copyright © 2020 arthanugraha.com Development.

Connect
Newsletter Signup